【Tips Tinggal Di Jepang】Cara Memilih Bank Dengan Mudah Di Jepang

Life

Dimanapun kalian berada, akun bank merupakan hal yang wajib kalian miliki. Apalagi untuk kalian yang akan atau baru mau memulai kehidupan di Jepang. Akun bank ini biasanya akan sering digunakan untuk menerima gaji, melakukan pembayaran listrik, air, pembayaran kartu kredit dan sebagainya. Akun bank di Jepang ini merupakan hal yang wajib dimiliki untuk kalian yang akan tinggal di Jepang. Karena itu kali ini aku mau berbagi tips mengenai cara memilih bank di Jepang.

Tidak berbeda jauh dari Indonesia, Jepang juga memliki berbagai bank yang digunakan dan dipercaya oleh masyarakatnya. Akan tetapi, untuk kita seorang warga asing, alangkah baiknya untuk melakukan research sebelum membuat akun bank di Jepang.

Karena pada umumnya bank di Jepang ini memiliki sistem dimana ketika akan mengambil atau menyetor uang di ATM kalian akan dikenakan komisi jika tidak di ATM banknya langsung. Oleh karena itu memilih bank yang tepat bisa membantu kalian berhemat dan terhindari dari pengeluaran yang tidak terlalu berguna.

Agar kalian tidak terhindar dari segala kesalahan ketika membuat akun bank, yuk simak tips dibawah ini!

Sponsored Link

Jenis Bank Di Jepang

Bank di Jepang ini terbagi dari tiga jenis sebagai berikut ini.

  • メガバンク (Mega Bank/Bank Besar, bank yang terkenal dan memiliki cabang di seluruh penjuru Jepang)
  • 地方銀行 (Bank Daerah, bank yang ada di setiap daerah seperti Kyoto Bank, Shiga Bank)
  • ネット銀行 (Internet Bank, bank berbasis internet seperti Rakuten Bank, SBI Bank)

Setiap jenis bank tentu saja memiliki keuntungan dan kebuntungannya tersediri. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai merit dan demerit dari ketiga jenis bank ini sehingga kalian bisa menentukan mana yang terbaik untuk kalian.

Sponsored Link

Apa itu Mega Bank/Bank Besar?

Sesuai dengan namanya, Mega Bank/Bank Besar ini merupakan bank dengan cabang dan nasabah dengan jumlah yang banyak dan tersebar di segala penjuru Jepang. Bank ini juga memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari nasabah mereka.

Untuk kalian yang ingin segera memiliki akun bank dalam waktu yang singkat, bank besar ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Namun, yang termasuk ke dalam bank besar ini tentu saja tidak hanya 1 bank saja. Oleh karena itu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kalian terlebih lagi jika kalian hobi travel dan ingin travel ke beberapa kota di Jepang.

Selain bank besar ini juga kita akan menjelaskan mengenai Bank Daerah dan Internet Bank. Bandingkanlah ketiga jenis bank ini sebelum menentukan bank yang akan kalian gunakan selama di Jepang yaa 🙂

Bank Besar Di Jepang

Logo Nama Bank Keungulan
Mitsubishi UFJ Bank
(MUFG Bank)
1 dari 3 bank besar di Jepang
Memiliki cabang di luar Jepang,
seperti Jakarta.
Jumlah cabang : 754
Sumitomo Mitsui Banking Corporation
(SMBC)
1 dari 3 bank besar di Jepang
Kuat dibidang investasi saham.
Jumlah cabang : 443
Mizuho Bank 1 dari 3 bank besar di Jepang
Lebih fokus ke nasabah yang memiliki
perusahaan.
Jumlah cabang : 465
Resona Bank Praktis dan ATM mudah ditemukan.
Jumlah cabang : 371
Japan Post Bank Bank kantor pos Jepang
Jumlah cabang dan
ATM sangat banyak karena
ada di setiap kantor pos
di seluruh Jepang
Jumlah cabang : 24,060

Perbandingan Jumlah ATM Bank Besar Jepang

Jumlah ATM tentu saja menentukan tingkat kepraktisan sebuah bank. Berikut jumlah mesin ATM yang dimiliki masing-masing bank besar.

Ranking   Nama Bank Jumlah Mesin ATM
Japan Post Bank 28,800
Mitsubishi UFJ Bank
(MUFG Bank)
8,300
Resona Bank 8,000
4 Sumitomo Mitsui Banking Corporation
(SMBC)
6,000
5 Mizuho Bank 5,600

JUmlah ATM diatas adalah jumlah ATM yang tersebar di seluruh Jepang. Jadi bisa saja pada suatu daerah terdapat sedikit ATM.

Di Jepang, pada setiap konbini/minimarket terdapat ATM yang bisa digunakan segala jenis bank. Akan tetapi, untuk melakukan pengambilan atau penyetoran uang akan ada biaya komisi yang dikenakan ATM pada konbini/minimarket tersebut.

Selanjutnya, akan dibahas mengenai komisi.

Perbandingan Komisi Setor Tunai dan Tarik Tunai Bank Besar

Hampir semua bank di Jepang jika diluar jam kerja akan dikenakan biaya komisi untuk setor dan tarik tunai meskipun menggunakan ATM bank tersebut. Sebaiknya kalian berhati-hati ketika akan mengambil uang atau usahakan untu selalu tarik tunai pada jam kerja. Sistem ini tentu saja berbeda jauh sekali dengan ATM di Indonesia yang bisa digunakan 24jam tanpa terkena biaya tambahan apabila menggunakan ATM akun bank yang kita miliki.

Japan Post Bank

Hari Kerja
(Senin-Jumat)
Setor tunai GRATIS(7:00〜21:00)
Diluar jam kerja ATM
tidak bisa digunakan
Tarik tunai GRATIS
Sabtu Setor tunai GRATIS(9:00〜17:00)
Diluar jam kerja ATM
tidak bisa digunakan
Tarik tunai GRATIS
Minggu &
Tanggal Merah
Setor tunai GRATIS(9:00〜17:00)
Diluar jam kerja ATM
tidak bisa digunakan
Tarik tunai GRATIS(0:05〜21:00)
Diluar jam kerja ATM
tidak bisa digunakan

Japan Post Bank juga tidak akan dikenakan biaya komisi jika melakukan setor dan tarik tunai di ATM Family Mart. Selain itu akan dikenakan biaya 108~216 yen. Jam penggunaan ATM Family Mart untuk Japan Post Bank adalah sebagai berikut.

Setiap Hari Setor tunai GRATIS(0:05〜23:55)
Diluar jam kerja ATM
tidak bisa digunakan
Tarik tunai

Mitsubishi UFJ Bank(MUFG Bank)

Setiap Hari GRATIS (8:45~21:00)
Diluar jam kerja ATM akan
dikenakan biaya 108 yen

Sumitomo Mitsui Banking Corporation(SMBC)

Hari Kerja

GRATIS (8:45~18:00)
Diluar jam kerja ATM akan
dikenakan biaya 108 yen

Sabtu, Minggu, Tanggal Merah 108 yen

 

Resona Bank

Hari Kerja

GRATIS (8:45~18:00)

Diluar jam kerja ATM akan
dikenakan biaya 108 yen

Sabtu, Minggu, Tanggal Merah 108 yen

 

Mizuho Bank

Hari Kerja

23:00~8:00
216 yen
8:00~8:45
108 yen
8:45~18:00
GRATIS
18:00~23:00
108 yen
Sabtu 0:00~8:00
216 yen
8:00~22:00
108 yen
22:00~24:00
ATM tidak bisa digunakan

Minggu, Tanggal

Merah

23:00~8:00
216 yen
8:00~23:00
108 yen

 

Dari penjelasan diatas, bisa dikatakan untuk biaya komisi diantara bank besar diatas yang paling menguntungkan adalah「Japan Post Bnak」.

Jumlah mesin ATM, kecilnya biaya komisi ini merupakan keunggulan dari「Japan Post Bank」.

Selain itu「Mitsubishi UFJ Bank(MUFG)」juga unggul di jumlah ATM yang lumayan banyak dan biaya komisi yang hampir tidak dikenakan. Kalian bisa memilih berdasarkan ATM bank mana yang ada di dekat tempat kalian tinggal.

Keuntungan Memilih Bank Besar

Keuntungan menjadi nasabah bank besar ini adalah banyaknya jumlah cabang dan ATM yang tersedia di seluruh Jepang.こBerkat jumlah toko cabang dan ATM yang banyak inii penggunaan menjadi lebih mudah. Khususnya bagi kalian yang tinggal di pusat kota seperti Tokyo, Osaka, Kyoto dsb.

Selain itu, karena memilki toko cabang, untuk membuat tabungan kalian hanya perlu datang ke banknya dan bisa selesai dalam satu hari. Berbeda dengan internet bank yang harus melakukan segala proses melalui internet dan memakan waktu paling cepat seminggu.

Karena termasuk bank besar di Jepang, apabila ada urusan mendadak seperti adanya bencana alam dan sebagainya, penanganan mengenai akun terbilang cepat.

Kebuntungan Memilih Bank Besar

Kebuntungan dari bank besar ini adalah untuk kalian yang tinggal tidak di pusat kota. ATM tersedia sangat banyak di pusat kota, tapi sangat sedikit di daerah perumahan dsb. Oleh karena itu banyak juga yang berpendapat bank daerah atau internet bank lebih menguntungkan.

Selain itu, kebuntungan lainnya adalah mahalnya komisi yang ditarik untuk penggunaan ATM diluar jam kerja. Tentu saja bank besar ini juga menawarkan beberapa cara untuk menggratiskan komisi tersebut, tapi caranya tidak sepraktis internet bank karena biasanya harus datang ke banknya langsung.

Kalau Ryo lebih prefer menggunakan internet bank seperti Sumishin SBI Net Bank. Selain bisa menggunakan ATM 24 jam di konbini terdekat tanpa terkena biaya komisi, biaya transfer uang pun gratis.

Untuk kalian yang sering melakukan tarik tunai dan transfer, internet bank merupakan bank yang paling tepat untuk kalian. Namun tentu saja akun bank besar ini juga perlu khususnya apabila kalian bekerja di perusahaan Jepang. Oleh karena itu, memiliki dua akun bank juga bukan sesuatu yang buruk lhooo.

Sponsored Link

Apa Itu Bank Daerah?

Selanjutnya, aku akan menjelaskan mengenai bank daerah di Jepang.

Bank daerah di Jepang ini adalah bank lokal yang ada pada setiap kota atau perfektur di Jepang. Mesin ATM dan cabang bank bisa dibilang lumayan banyak di masing-masing daerahnya.

Tergantung dari ketentuan setiap bank daerah tersebut, ada servis yang hanya bisa digunakan di lokal saja ada juga servis yang bisa digunakan di seluruh Jepang. Keuntungan bank daerah ini juga bervariasi tergantung kota dan perfektur masing-masing.

Keuntungan Memilih Bank Daerah

Keuntungan dari bank daerah ini adalah banyaknya jumlah mesin ATM dan toko cabang di kota atau perfektur tersebut. Biasanya ATM dan bank cabang ini tidak hanya ada di pusat kota tapi juga tersedia sampai ke pelosok kota atau perfekturnya.

Karena aku tinggal di Kyoto, maka bank daerahnya adalah Kyoto Bank. Jumlah mesin dan toko cabang bank ini tersebar tidak hanya di pusat kota tapi sampai ke daerah perumahan.

Kebuntungan Memilih Bank Daerah

Kebuntungan dari bank daerah ini adalah sulit menemukan ATM dan cabang bank diluar kota atau perfektur tersebut.

Hal ini merupakan hal yang wajar karena biasanya nasabah bank daerah ini adalah nasabah yang memang sudah tinggal lama di kota atau perfektur tersebut. Apabila ada dinas keluar kota, untuk tarik tunai dan setor tunai bisa dilakukan di ATM yang tersedia di konbini (seven eleven, family mart, dsb). Dan tentu saja setiap transaksi di bank konbini ini akan dikenakan biaya komisi.

Sponsored Link

Apa itu Internet Bank?

Sesuai dengan namanya, internet bank ini adalah bank yang tidak perlu repot ke cabang untuk menjadi nasabah. Kalian bisa melakukan segala proses menjadi nasabah melalui internet. Untuk tarik tunai dan setor tunai, kalian bisa melakukannya 24 jam di ATM konbini terdekat tanpa terkena biaya komisi. Transfer uang ke semua rekeningpun tidak dikenakan biaya.

Internet bank ini juga memiliki aplikasi khusus untuk melihat jumlah saldo, transfer dan sebagainya. Tidak hanya internet bank saja, beberapa tahun terakhir ini bank besar dan bank daerah pun sudah memiliki aplikasi tersendiri untuk smartphone.

Berikut contoh internet bank yang sering digunakan di Jepang.

Internet Bank di Jepang

Berikut ini adalah internet bank di Jepang kita rekomendasikan karena dipercayai oleh banyak nasabah.

SBI Sumishin Net Bank

Keuntungan dari SBI Sumishin Net Bank ini adalah biaya komisi yang murah ketika melakukan tarik tunai di ATM yang ada di konbini manapun. Bank ini merupakan bank dengan biaya komisi termurah jika dibandingkan dengan bank lainnya.

Setiap Hari Setor Tunai 24 jam
0 yen
Tarik Tunai GRATIS melakukan tarik tunai
5 kali dalam sebulan
(lebih dari 5 kali akan dikenakan biaya komisi)

Kalian juga bisa melakukan trasfer uang tanpa dikenakan komisi ke sesama bank atau bank lainnya GRATIS untuk 3 kali transfer dalam sebulan. Biaya komisi akan dikenakan apabila kalian melebihi batas yang diberikan.

Selain itu, transaksi trasnfer ini bisadengan mudah dilakukan melalui aplikasi di smartphone.

Keuntungan dari internet bank ini tentu saja pada point bebas biaya komisi (meskipun dalam batas tertentu). Di antara bank lainnya, servis dari SBI Sumishin Net Bank merupakan yang terbaik.

Rakuten Bank

Rakuten Bank adalah internet bank dari online store terkenal di Jepang yang bernama「Rakuten Market」dan masih bagian dari「Rakuten Group」.

Dalam segi jumlah batas GRATIS biaya untuk tarik tunai dan transfer, Rakuten Bank masih dibawah SBI Sumishin Bank. Akan tetapi, karena masih satu grup dengan Rakuten Group, kalian bisa mengumpulkan poin berlipat ganda yang nantinya bisa digunakan untuk belanja di Rakuten Market.

Selain itu untuk kalian yang membutuhkan kartu kredit di Jepang, kartu kredit Rakuten juga mudah didapatkan untuk orang asing. Karena Rakuren Group ini termasuk grup perusahaan yang besar, menggunakan Rakuten Bank juga tentu saja membawa keuntungan khususnya untuk kalian yang hobi belanja dan mengumpulkan poin. Poin ini selain bisa digunakan di Rakuten Market, bisa juga digunakan di toko lain seperti McDonald, Kura Sushi dan sebagainya.

Keuntungan Internet Bank

Keuntungan internet bank ini ada pada murah di biaya komisi tarik dan setor tunai.

Berbeda dengan bak besar dan bank daerah yang memiliki ATM dan cabang tersendiri, internet bank tidak memiliki kedua hal tersebut. Oleh karena itu, interner bank tidak perlu mengeluarkan biaya sewa gedung, listrik dan lainnya sehingga bisa memberikan servis gratis biaya komisi untuk tarik dan setor tunai.

Selain itu, karena tidak memiliki ATM milik sendiri, internet bank ini juga bisa join dengan bank lainnya pada penggunaan ATM yang ada di konbini. Berkatnya, tarik tunai dan setor tunai ini bisa dilakukan 24 jam tanpa adanya jam kerja.

Akun internet bank ini bisa dibuat melalui internet dan memakan waktu sekitar seminggu untuk proses pemeriksaan.

Kebuntungan Memilih Internet Bank

Kebuntungan dari internet bank ini adalah tidak memiliki toko cabang. Karena tidak memilki toko cabang bank, ketika kesulitan dan ingin berdiskusi mengenai sesuatu, nasabah tidak dapat mengunjungi langsung banknya. Sebagai gantinya kalian bisa berdiskusi melalui e-mail atau telepon.

Kemudian, internet bank ini tidak bisa dijadikan sebagai bank untuk pembayaran kartu kredit otomatis, pembayaran listrik dan sebagainya. Hal ini sebuah kebuntungan karena banyak dari orang Jepang yang lebih suka melakukan pembayaran listrik, air dsb menggunakan kartu kredit karena bisa mengumpulkan poin dan terkadang ada diskon. Karenanya, memiliki hanya internet bank akan sangat sulit untuk diatur sebagai pembayaran otomatis untuk kartu kredit. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menggunakan bank besar atau bank daerah sebagai opsi tambahan agar bisa melakukan pembayaran otomatis untuk kartu kredit.

Sponsored Link

Kesimpulan

Setelah membaca sampai disini, apakah kalian akhirnya bisa menentukan mau membuka akun di bank mana?

Well, hal yang paling baik dalam membuka tabungan di Jepang adalah :

memiliki dua jenis tabungan, sehingga bisa membagi fungsi keduanya dengan baik dan benar.

Aku pun sebenarnya memiliki akun di dua bank, yaitu bank daerah dan internet bank.

「memangnya tidak ribet punya dua akun?」Mungkin ada beberapa dari kalian yang berpikiran demikian. Tapi kembali lagi ke diri kalian sendiri. Bagi aku membayar biaya komisi untuk setiap tarik atau setor tunai adalah hal yang sangat tidak aku sukai. Memang sih jumlahnya tidak seberapa, tapi kalau dikumpulkan, lama lama jadi besar juga kan? Lagipula sebenernya bank jaman sekarang ini sangat mudah diakses karena bisa terkoneksi dengan smartphone kalian. Semoga membantu~

Check
  • Bingung mau bikin tabungan dimana, tapi kalau kepepet dan ingin cepat, sebaikanya pilih bank besar.
  • Bank besar dengan biaya setor dan tarik tunai termurah adalah「Japan Post Bank」
  • Kalau kalian tinggal tidak di pusat kota, bank daerah adalah pilihan paling tepat.
  • Untuk kalian yang ingin berhemat di biaya tarik dan setor tunai, akses mudah melalui smartphone, internet bank adalah bank yang tepat!
Sponsored Link
Sponsored Link
Life
Profile
Author
Shana & Ryohei

Hallooo! Terima kasih sudah mampir ke webisite kita :] Jangan lupa support kita dengan follow Instagram dan subscribe YouTube Channel kita yaa :]

Follow Shana & Ryohei
KAKIKURI

Comment

Copied title and URL