Cara Mencari Kerja Sambilan/Parttime/Arubaito di Jepang untuk Orang Luar Negeri

Cara Mencari Kerja Sambilan/Parttime/Arubaito di Jepang untuk Orang Luar Negeri Life

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali pelajar yang datang ke Jepang guna menimba ilmu baik di universitas atau sekedar belajar bahasa Jepang di sekolah bahasa. Tentu saja belajar dengan giat adalah kunci utama namun untuk menabah uang saku selama berada di Jepang, tidak banyak dari pelajar luar negeri ini yang mencari tambahan dengan kerja sambilan/parttime/arubaito di Jepang.

Selain menambah uang saku, kerja sambilan ini juga membantu para pelajar mengasah bahasa Jepang mereka dan juga bisa membuka segala peluang dengan menambah teman dan informasi mengenai budaya dan lingkungan/kondisi sekitar. Bahkan ada juga yang akhirnya menemukan pekerjaan tetap yang berawakl dari kerja sambilan lhooo.

Keja sambilan/parttime/arubaito ini merupakan salah sat budaya Jepang. Jadi mumpung lagi di Jepang tidak ada salahnya menambah pengalaman dengan ikut berpartisipasi.

Akan tetapi, untuk bisa menemukan pekerjaan di negeri dan lingkungan baru tentu saja bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, kali ini kakikuri akan membagikan informasi untuk kalian yang ingin menjari kerja sambilan di Jepang.

Sponsored Link

Tips Mencari Kerja Sambilan/Parttime/Arubaito di Jepang

Ada berbagai cara untuk mencari kerja sambilan di Jepang. Berikut beberapa cara tersebut.

Mengecek Information Board (Papan Informasi) di Universitas atau Sekolah Bahasa

Untuk kalian pelajar luar negeri, cara paling mudah mencari kerja sambilan adalah dengan melihat informasi yang diberikan universitas atau sekolah bahasa. Biasanya beberapa toko di sekitar universitas atau sekolah bahasa kamu yang memang membutuhkan pekerja sambilan akan memita pihak universitas atau sekolah bahasa agar informasinya disertakan pada papan informasi tersebut. Atau kalian juga bisa langsung bertanya ke bagian informasi mahasiswa atau pelajar.

Informasi Dari Teman

Dimanapun kamu tinggal, koneksi dan informasi dari seseorang itu memang sangat dibutuhkan. Kamu bisa dapat informasi tempat kerja sambilan dari teman atau rekan kamu yang mungkin juga sedang bekerja di suatu tempat. Mereka juga bisa membantu merekomendasikan kamu ke tempat kerja mereka kalau tempat tersebut sedang membutuhkan pekerja sambilan.

Persentase kamu diterima juga lebih tinggi karena Jepang masih memiliki pemikiran lebih baik menerima pekerja yang kenal satu sama lain daripada pekerja lainnya.

Majalah Baito

Majalah Baito ini bisa kalian dapatkan secara gratis di stasiun, konbini (convinient store), shopping mall bahkan di supermarket.
Informasi dalam majalah ini juga berubah setiap daerah jadi pastikan untuk mengambil majalahnya di daerah sekitar sekolah atau tempat tinggal kamu.

Sayangnya majalah ini tidak begitu banyak tersedia karena kalian juga bisa menemukannya berbagai informasi mengenai kerja sambilan di internet.

Site Pencarian Kerja Sambilan/Parttime/Arubaito

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai kerja sambilan, tentu saja internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Ada juga site pencarian kerja sambilan khusus orang luar negeri juga loh yang tentu saja lebih mudah dipahami dan lebih tinggi tingkat penerimaannya dibandingkan yang site umum.

Berikut adalah site yang khusus digunakan pelajar luar negeri untuk mencari kerja sambilan/parttime/arubaito.

Hello! Baitoru

Site ini menyediakan berbagai macam kerja sambilan khusus pelajar/orang luar negeri. Site ini merupakan site turunan dari versi bahasa Jepangnya yang bernama0「Baitoru」. Tersedia dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Korea.

NINJA

NINJA merupakan salah satu site terkenal dikalangan masyarakat luar negeri. Tidak hanya kerja sambilan, mereka juga menyediakan kerja tetap untuk kalian yang ingin bekerja di Jepang. Kalian bisa memilih berbagai macam pekerjaan mulai dari yang full bahasa Jepang atau pun pekerjaan yang menggunakan bahasa lain selain bahasa Jepang.

NiPPON 仕事(Shigoto).com

Untuk site ini, kamu bisa mencari kerja sambilan sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang kamu. Sitenya juga tersedia dalam bahasa Inggris, Cina, dan Korea.

indeed

Indeed merupakan site pencari kerja yang sudah mendunia dan juga terkenal. Indeed ini tidak memungut biaya apapun dalam membantu dan praktis sekali penggunaannya. Kalian bisa langsung upload CV dan menunggu ada panggilan dari bagian HR kantor atau tokonya.

TOWN WORK

TOWN WORK merupakan salah satu bagian dari Recruit Holdings Grup, yaitu perusahaan penyedia kerja terbesar di Jepang. Karena merupakan perusahaan penyedia terbesar, kalian bisa dengan aman memilih pekerjaan.

Check
Cara Mencari Kerja Sambilan di Jepang
  • Cek papan informasi kampus/sekolah
  • Informasi dari teman
  • Majalah kerja sambilan
  • Site penyedia kerja sambilan
Sponsored Link

Peraturan Kerja Sambilan/Parttime/Arubaito Bagi Orang Luar Negeri di Jepang

Di Jepang tentu banyak sekali tersedia berbagai jenis pekerjaan sambilan. Namun, untuk menjaga keamanan, pemerintah Jepang juga memiliki peraturan ketat untuk orang luar negeri yang ingin mencari uang tambahan di Jepang.

Untuk orang luar negeri yang memiliki jenis visa「Short Term Visa (Tourism, Business, Visiting Relatives)」,「Student Visa」,「Cultural Activities Visa」、「Research Visa」,「Dependent Visa (Family Visa)」 tersebut memiliki larangan keras untuk bekerja di Jepang.

Akan tetapi, untuk mereka yang memiliki visa 「Student Visa」 dan 「Dependent Visa (Family Visa)」 dapat melakukan kerja sambilan APABILA memiliki surat ijin kerja sambilan yang dapat diajukan ketika membuat visa.

Oleh karena itu, kalian harus berhati-hati yaa. Karena tidak semua pemilik visa 「Student Visa」 dan 「Dependent Visa (Family Visa)」 dapat mencari pekerjaan sambilan. Tanpa surat ijin, jika ketahuan, kalian bisa di deportasi dan masuk ke dalam black list Jepang.

Check
Peraturan Kerja Sambilan Untuk Orang Luar Negeri
  • Short-term visa, student visa, cultural activities visa, researcher visa, dependent (family) visa tidak BOLEH bekerja sambilan.
  • Pengecualian untuk student visa dan dependent (family) visa jika memiliki surat ijin kerja sambilan yang di dapat ketika membuat visa.
Sponsored Link

Batas Maksimum Waktu Kerja dan Jenis Pekerjaan

Pada umumnya, pemilik Student Visa diijinkan untuk bekerja maksimal 28 jam/minggu (sudah termasuk jam lembur). Apabila melanggar aturan yang telah ditentukan tersebut, pelanggar bisa dikenakan sanksi seperti deportasi, penjara atau membayarkan uang denda yang cukup besar.

Oleh karena itu kalian harus ekstra hati-hati, meskipun pihak toko atau kantor yang menawarkan kalian untuk kerja lebih, sebaiknya tidak usah diterima karena yang akan rugi nantinya adalah kalian sendiri.

Selain itu, orang luar negeri yang memiliki ijin untuk bekerja sambilan di Jepang tidak diperbolehkan untuk bekerja di bidang “pekerjaan malam” seperti prostitusi, bar, nightclub, pub, pachinko dan sebagainya. Bekerja di toko tersebut meski hanya mencuci piring ataupun bersih-bersih tetap akan dianggap sebagai pelanggaran.

Batas maks. kerja
sambilan untuk
keseharian
Batas maks. waktu kerja
saat libur panjang
Student Visa dengan
ijin kerja
28 jam/minggu8 jam/hari
Student Visa (reseach)14 jam/minggu 8 jam/hari
Student Visa (vocational school)28 jam/minggu 8 jam/hari
Dependent Visa (Family Visa)28 jam/minggu 28 jam/minggu
Sponsored Link

Jenis Kerja Sambilan Yang Cocok Untuk Orang Luar Negeri

Berikut adalah jenis pekerjaan yang aman untuk orang luar negeri yang ingin bekerja sambilan di Jepang.

Service Industri (Hotel, Supermarket, Restoran, Konbini, dsb)

Service industry ini merupakan kerja sambilan yang paling terkenal di kalangan orang luar negeri. Hal ini dikarenakan banyaknya turis manca negara yang yang mengharuskan pihak Jepang membutuhkan banyak tenaga kerja luar negeri. Selain itu, bekerja di bidang service industri ini juga memiliki keuntungan spserti banyak bertemu orang baru, staff yang kebanyakan masih berumur 20 tahun ke atas, lingkungan kerja yang tidak terlalu ketat dan juga mudah untuk bergaul.

Akan tetapi, kebanyakan dari pekerjaan ini mengharuskan kalian untuk berinteraksi langsung dengan kustomer, baik orang Jepang maupun turis, sehingga “bahasa” merupakan salah satu persyaratan yang wajib dimiliki.

Persyaratan bahasa ini bisa dalam bahasa Jepang ataupun bahasa Inggris atau bahasa negara lainnya. Kalian bisa langsung mencari informasi melalui site atau menelepon langsung yang bersangkutan.

Untuk kerja sambilan di restoran, kalian biasanya diharuskan untuk menghafal menu yang tersedia. Kemudian karena akan ada staff Jepang juga, kalian harus menjaga komunikasi sesama staff yang mungkin akan sedikit terasa sulit. Namun, dibalik itu semua kalian bisa mendapat makan malam GRATIS ataupun bento lhoo!

Kalau bekerja sambilan di supermarket atau konbini, kalian tidak perlu menghafal sebanyak bekerja di restoran. Kalian juga bisa membawa pulang beberapa barang dagangan yang sudah mendekati masa expirednya dan bisa menjadi penghematan juga hihihi. (※tidak semua toko memiliki ketentuan seperti ini)

Guru Bahasa (Bahasa Inggris dan sebagainya)

Orang Jepang yang ingin les privat dan belajar bahasa lain selain bahasa Jepang ini ternyata memiliki jumlah yang lumayan banyak. Khususnya, mereka yang ingin sekali belajar bahasa Inggris, sehingga banyak sekali sekolah atau tempat les untuk belajar bahasa di Jepang. Tempat les ini tentu saja membutuhkan seorang guru yang bisa mengajarkan bahasa Inggris kepada para murid.

Sehingga banyak dari tempat les ini yang membutuhkan mereka yang jago berbahasa asing (khususnya orang asing) untuk mengajarkan para murid mereka.

Tidak harus melalui lembaga, kalian juga bisa menjadi freelance dengan membuat profil kalian sebagai guru dan meletakkannya gratis di sebuah site yang tersedia.

Pengajar bahasa ini memiliki fee yang lumayan tinggi dibandingkan degan kerja sambilan lainnya. Selain itu, waktu kerja yang fleksibel pun tentuny sangat cocok untuk para pelajar.

Tourism dan Translator

Seiring dengan berkembangnya tursi manca negara yang berkunjung ke Jepang, membuat Jepang membutuhkan tenaga kerja (sambilan maupun kerja tetap) yang bisa berbahasa lain selain bahasa Jepang.

Contohnya staff berbahasa inggris untuk bekerja sebagai guide, translator di hotel dan sebagainya. Jenis pekerjaan ini merupakan winning point untuk kita sebagai orang luar negeri agar bisa bersaing dengan masyarakat Jepang. Gaji yang diberikan pun termasuk tinggi.

Kerja Pabrik

Bekerja di pabrik atau gudang di Jepang ini merupakan salah satu pekerjaan yang mudah dan tidak sulit. Pemakaian bahasa Jepang pada saat bekerja pun tidak terlalu banyak hanya saja pekerjaan ini membutuhkan stamina yang lumayan besar. Cocok untuk para pria dibandingkan wanita, tapi tentu saja tidak menutup kemungkinan untuk kalian wanita kuat yang ingin mencoba.

Kerja Sambilan Jangka Pendek

Jenis pekerjaan ini biasanya beragam, dan biasanya hanya membutuhkan pekerja untuk waktu singkat mulai dari 1 hari~3 bulan saja. Pekerjaan ini biasanya cocok untuk mereka yang ingin mendapatkan uang dengan cepat karena gaji yang dibayarkanpun lumayan tinggi.

Jika dibandingkan dengan kerja sambilan jangka panjang, kerja sambilan jangka pendek ini tidak memiliki banyak persyaratan sehingga mudah bagi kalian untuk segera mulai bekerja. Kalian juga bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu jika memilih kerja sambilan jangka pendek ini.

Jenis pekerjaan biasanya staff sebuah event atau matsuri, membagikan flyer atau tisu di jalan dan sebagainya.

Check
Jenis Kerja Sambilan Yang Cocok Untuk Orang Luar Negeri
  • Service Industri
  • Guru Bahasa
  • Tourism dan Translator
  • Kerja Pabrik
  • Kerja Sambilan Jangka Pendek
Sponsored Link

Melamar Kerja Sambilan di Jepang

Jika kalian sudah tahu mau bekerja sambilan apa, selanjutnya adalah melamar kerja sambilan di tempat tersebut. Berikut cara melamar kerja sambilan yang umum di Jepang.

Poin Penting Melamar Kerja Sambilan
  • 1
    Melalui Telepon
    • Teleponlah pada jam-jam yang sekiranya tidak terlalu sibuk contohnya siang atau sore.
    • Pastikan apa yang ingin dibicarakan ketika menelepon (jangan sampai terlalu nervous)
    • Siapkan memo

    Belakangan ini juga ada cara melamar mudah melalui internet sehingga kalian tidak perlu menelepon lagi. 

  • 2
    Membuat CV
    • Ditulis dengan pulpen hitam
    • Tulis dengan rapi meskipun tulisan kamu jelek
    • Pastikan agar tidak ada coretan. Jika salah, lebih baik tulis dari awal
  • 3
    Interview
    Yang Harus Dibawa
    • CV (harus disertakan foto)
    • Identitas Diri (resident card, passport dsb)
    • Siapkan memo
    • Inkan (stamp nama diri jika punya)
    Pakaian
    • Tidak mengenakan topi ketika interview (manner Jepang)
    • Kenakan pakaian yang cocok dengan tempat kerja sambilan (jangan kenakan pakaian mini)
Sponsored Link

Kesimpulan

Sekian penjelasan mengenai carai mencari kerja sambilan di Jepang.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan bekerja sambilan di Jepang kalian bisa menambah wawasan budaya, bahasa dan juga koneksi pertemanan. Tapi tentu saja harus tetap hati-hati dan mengikuti peraturan yang ada agar tidak dirugikan nantinya.

Semoga bermanfaat! Jika ada pertanyaan bisa langsung DM saja di Intsagram 🙂 Jangan lupa follow dulu yaaa!

Sponsored Link
Sponsored Link
Life
Follow KAKIKURI
KAKIKURI

Comment

Copied title and URL