Hamil Di Jepang : Yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Berada di Jepang Part 1

Hamil di Jepang

Dalam kesempatan kali ini, aku mau berbagi informasi untuk kalian yang tinggal di Jepang mengenai langkah-langkah yang harus kalian ambil ketika mengetahui diri kalian hamil dari awal (pengecekan) sampai melahirkan nantinya. Mulai dari pengenalan test pack, pencarian rumah sakit yang cocok, pelaporan diri ke kelurahan, penjelasan buku “ibu dan anak”, kupon vaksin, jenis persalinan, biaya persalinan dan sebagainya. Semua akan ditulis secara berurutan.

Tulisan ini tentu juga bisa berguna untuk kalian yang tidak tinggal di Jepang untuk sekedar menambah wawasan. Namun karena tulisannya mungkin akan panjang, aku memutuskan untuk membagi dalam beberapa part.

Sponsored Link

Pemilihan Test Pack

Ketika kalian merasa bahwa jadwal haid kalian telat, hal pertama yang kalian lakukan adalah melakukan pemeriksaan dengan test pack (pastikan kalian telat 1 minggu sebelum melakukan test).

Bahasa Jepang test pack adalah 妊娠検査薬 (ninshinkensayaku). Kalian bisa dapatkan di drug store dan tersedia dalam berbagai ragam dan jenisnya. Berikut brand test pack/test kehamilan yang terkenal dan sering digunakan orang Jepang.

DoTest Dari Rohto

Test pack dari Rohto ini merupakan test kehamilan yang paling sering digunakan dan terpilih menjadi produk rangking 1 yang dipercaya oleh orang Jepang. DoTest ini bisa didapatkan di drug store maupun e-commerse.

Cara penggunannya juga sangat mudah. Kalian hanya perlu membasahi test pack dengan urine sekitar 2 detik dan menunggu selama 1 menit. Test pack ini juga tidak memerlukan banyak urine untuk dapat digunakan dan bisa digunakan kapan saja (ada beberapa test pack yang dianjurkan untuk digunakan pagi hari).

Keunggulan

  • waktu menunggu hasil yang singkat
  • bisa digunakan kapan saja
  • bisa digunakan dengan jumlah urine yang sedikit

Clear Blue dari Omron

Test pack yang satu ini memiliki desain yang simple dan hasil yang ditunjukkan dengan garis biru membuat lebih mudah dibaca untuk kalian yang pertama kali menggunakan. Test pack yang satu ini juga memiliki kolom garis terpisah yang memudahkan untuk mengetahui apakah kalian hamil atau tidaknya.

Cara penggunannya juga sangat mudah. Kalian hanya perlu membasahi test pack dengan urine sekitar 5 detik dan menunggu selama 1 menit. Test pack bisa digunakan kapan saja (ada beberapa test pack yang dianjurkan untuk digunakan pagi hari).

Keunggulan

  • waktu menunggu hasil yang singkat
  • hasil garis berwarna biru dan terpisah
  • desain simpel dan mudah dibaca

Check One dari Arax

Test pack yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan test pack Clear Blue dari segi desain dan cara baca yang mudah. Yang membedakan adalah hasil dari test tidak akan hilang meskipun disimpan dalam jangka waktu lama. Produk yang satu ini sangat cocok ntuk kalian yang ingin menyimpan hasil test sebagai kenang-kenangan.

Untuk cara penggunaan kalian hanya perlu membasahi test pack dengan urine sekitar 3 detik dan menunggu selama 1 menit.

Keunggulan

  • waktu menunggu hasil yang singkat
  • desain simpel dan mudah dibaca
  • bisa disimpai sebagai kenang-kenangan
Sponsored Link

Pemilihan Rumah Sakit atau Klinik Bersalin

Jika hasil dari test pack menunjukkan bahwa kalian hamil, pastikan untuk segera memeriksa ke rumah sakit bagian ginekologi atau dalam bahasa Jepangnya 婦人科(fujinka).

Meskipun tertulis bahwa hasil dari test pack 99% akurat, kalian tetap harus mengunjungi ginekologi untuk pemeriksaan lanjutan. Tapi tentunya jangan asal mengunjungi yaa. Pastikan untuk mengunjungi klinik atau rumah sakit yang nantinya bakalan jadi tempat kalian melahirkan. Berikut hal yang harus diperhatikan ketika memilih klinik atau rumah sakit.

Jenis Rumah Sakit Atau Klinik Bersalin

Di Jepang, rumah sakit biasanya dibagi atas 4 jenis, yaitu rumah sakit pribadi (個人病院/kojin-byouin), rumah sakit umum (総合病院.sougou-byouin), rumah sakit universitas (大学病院/daigaku-byouin) dan klinik bersalin (助産院/jousan-in.

Cek plus-minus dari keempat jenis rumah sakit klinik bersalin sebagi berikut ini.

JenisKelebihanKekurangan
RS Pribadi (rumah sakit yang hanya ada satu spesialis)★Konsultasi selama kehamilan dengan dokter yang sama
★Mudah dihubungi ketika dalam keadaan darurat. Websitenya rapi, bisa reservasi online.
★Tersedia persalinan epidural normal
★Makanan saat dirawat sangat mewah
★Kamar inap pribadi (tidak digabung dengan pasien lain)
★Jika terjadi emergency yang tidak bisa diatasi di rumah sakit pribadi akan dirujuk ke rumah sakit lainnya (hanya yang berkerja sama dengan rumah sakit pribadinya)
★Dokter dan staff yang terbatas
★Biaya konsultasi dan bersalin lebih mahal dibandingkan rumah sakit lainnya
RS Umum★Rumah sakit dengan banyak spesialis dan perlengkapan medis terlengkap
★Jika terjadi situasi darurat saat bersalin dapat langsung diatasi karena banyak dokter dari spesialis yang berbeda-beda.
★Biasa antrinya sedikit lama
★Konsultasi selama kehamilan tidak dengan dokter yang sama
★Karena banyak pasien, untuk mempercepat persalinan penggunaan obat induksi atau episiotomi (pembedahan pada perineum untuk memperbesar muara vagina) lebih sering dilakukan.
RS Universitas★Rumah sakit dengan banyak spesialis dan perlengkapan medis yang lengkap
★Jika terjadi situasi darurat saat bersalin dapat langsung diatasi karena banyak dokter dari spesialis yang berbeda-beda.
★Biasa antrinya sedikit lama
★Konsultasi selama kehamilan tidak dengan dokter yang sama
★Akan ada beberapa murid kedokteran di universitas yang ikut serta dalam pemeriksaan
Klinik Bersalin★Suasana klinik meskipun kecil namun nyaman
★Ada perawatan setelah persalinan
★Umum melakukan persalinan normal
★Jika ada kemungkinan terjadi kondisi darurat saat persalinan akan dirujuk ke rumah sakit lain
★Tidak bisa memberikan obat induksi, tidak bisa melakukan episiotomi, tidak bisa melakukan penjahitan (biasanya ada dokter yang stand-by)

Pastikan untuk memilih rumah sakit atau klinik bersalin yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kalian yaa.

Lokasi Klinik atau Rumah Sakit Bersalin

Lokasi klinik atau rumah sakit bersalin ini juga sangat penting. Namanya sedang hamil, khususnya untuk kehamilan pertama akan ada banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi. Jika merasa ada sedikit saja keanehan, pastikan untuk tidak self-diagnosing berdasarkan internet namun segeralah mengunjungi dokter.

Pastikan maksimal jarak lokasi rumah sakit atau klinik adalah 60 menit dari lokasi apartemen atau rumah yang ditinggali (info dari dokter langsung) agar memudahkan ketika terjadi kontraksi dadakan nantinya. Rumah sakit atau klinik juga harus berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh ibu hamil.

Lebih baik rumah sakit kecil namun dekat dengan rumah (maksimal makan waktu 60 menit dengan mobil) dibandingkan rumah sakit besar dan mewah namun jauh (makan waktu lebih dari 60 menit dengan mobil).

Sponsored Link

Boshi Techo Dan Kupon Vaksinasi

Ketika usia kandungan memasuki 7-8 minggu atau ketika suara detak jantung cabang bayi sudah terdengar, dokter kandungan yang menangani kalian akan memberikan secarik kertas bertuliskan 妊娠届出書 (ninshintodokesho). Kertas ini harus dibawa ke kelurahan terdekat agar kalian bisa mendapatkan 母子手帳 (boshi-techo/buku ibu dan anak, 妊産婦健康診査受診券綴 (ninsanpu-kenkoushinsaken-tsuduri/kupon pemeriksaan ibu hamil), 予防接種予診標綴 (yobousesshu-yoshinhyo-tsudzuri/kupon vaksinansi), buku informasi mengenai kehamilan serta gantungan tanda ibu hamil.

Selama masa kehamilan pastikan untuk selalu membawa buku ibu dan anak dan kupon pemeriksaan ibu hamil. Kupon pemeriksaan ibu hamil ini digunakan ketika melakukan pemeriksaan di rumah sakit atau klini. Dengan adanya kupon ini, para ibu hamil tidak perlu membayar biaya pemeriksaan seperti USG, cek urin dan darah, NST (non stress test) dan sebagainya. Kalian hanya perlu membayar biaya konsultasi dengan dokternya saja. Biasa konsultasi ini bervariasi tergantung dari rumah sakit atau klinik yang kalian kunjungi. Jangan lupa untuk membawa kartu asuransi (保険証/hokenshou) kalian juga yaa.

Sponsored Link
Sponsored Link
Hamil di Jepang Life
Mau bikin blog/website pribadi/online shop milik kamu? Klik!
Gunakan kupon “shanaryohei” untuk diskon tambahan 5%!
Hosting Unlimited Indonesia
Profile
Author
Shana & Ryohei

Hallooo! Terima kasih sudah mampir ke webisite kita :] Jangan lupa support kita dengan follow Instagram dan subscribe YouTube Channel kita yaa :]

Follow Shana & Ryohei
KAKIKURI

Comment

Copied title and URL