Hamil Di Jepang : Yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Berada di Jepang Part 2

Hamil di Jepang

Pada part sebelumnya, aku sudah menjelaskan mengenai pemilihan test-pack, rumah sakit dan juga penjelasan mengenai boshi techo dan kuponnya.

Hamil Di Jepang : Yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Berada di Jepang Part 1
Berikut tips, penjelasan serta info mengenai kehamilan di Jepang secara berurutan dari hal yang paling pertama harus dipersiapkan hingga saat bersalin nantinya

Kali ini aku mau menginformasikan mengenai persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melahirkan. Khususnya jika rumah sakit bersalin yang kamu pilih agak sedikit berjarak dari rumah kamu.

Sponsored Link

Maternity Taxi (Taksi Khusus Ibu Hamil)

Sesuai dengan judul, taksi ini adalah taksi super khusus untuk ibu hamil. Keistimewaan taksi ini selain bisa digunakan ibu hamil untuk pulang-pergi untuk check up ke rumah sakit, taksi ini juga bisa menjadi angkutan darurat ketika ibu hamil merasakan kontraksi pada malam atau dini hari.

Buat kalian yang tinggal di Jepang pasti tahu betapa sulitnya mencari angkutan jika sudah masuk pukul 20:00 ke atas (tergantung daerah).

Transportasi umum di Jepang ini tidak beroperasi selama 24 jam. Untuk taksi pun kalian harus reservasi jika bertujuan digunakan diluar jam kerja. Meskipun hotline taksi ini 24 jam namun sayangnya untuk bisa mendapatkan taksi diluar jam kerja ini sangat sangat memakan waktu. Oleh karena itu, bergabung dengan Maternity Taxi ini adalah hal yang super wajib apalagi jika kalian belum memiliki kendaraan pribadi di Jepang.

Maternity Taxi ini available dihampir semua daerah di Jepang. Perusahaan taksi yang menyediakan saja yang berbeda. Kalian bisa menggunakan Google untuk tahu maternity taxi yang ada di daerah kalian. Keywordnya kalian bisa coba masukkan nama daerah+マタニティタクシー.

Sponsored Link

Perlengkapan Bersalin Ibu dan Anak

Untuk yang satu ini, ada rumah sakit yang membantu menyediakan (beli satu set perlengkapan dari RS) adapula yang tidak sama sekali alias harus beli dari 0 satu-satu dengan modal informasi dari internet atau selembaran yang diberikan oleh kantor wilayah (区役所).

Untuk persalian pertama di negara orang, yang satu ini juga bikin pusing tujuh keliling yang berakhir barang yang paling pentingnya malah terlewat dan tidak terbeli 🙁

Ketika usia kandungan memasuki 37 weeks keatas, wajib sekali untuk menyediakan tas khusus bersalin ini.

Berikut yang perlu kalian persiapkan sebelum bersalin dimulai dari calon Ibu ya!

Perlengkapan Bersalin Untuk Calon Ibu

Boshi Techo Dan Kupon Pemeriksaan

Untuk yang satu ini sudah pernah aku jelaskan di part 1 yaa. Kalian wajib banget bawa ini kemana-mana dan tentu saja saat bersalin pun wajib banget!

Kalian bisa pakai case/tas khusus agar tidak tercecer, dan pastikan untuk selalu mengembalikan set ini kedalam tas bersalin ketika urusan kalian diluar rumah selesai (selalu bawa kemana-mana ya).

Percaya deh, pas sudah saatnya lahiran apalagi anak pertama, langsung panik banget bund lupa ini itu hehehe.

Ini contoh tas khusus BoshiTecho aku yang masih berguna sampai saat ini. Kartu pemeriksaan, kupon check-up kehamilan dan kupon vaksinasi anak pun muat. Super praktis dan membantu banget!

Kalian bisa cek barangnya dengan klik gambar dibawah!

Underwear Khusus

Ada dua jenis underwear yang harus kalian sediakan, yaitu underwear ketika bersalin dan sesudah bersalin.

Underwear Ketika Bersalin

Ketika bersalin, pihak RS akan meminta kalian untuk mengganti celana dalam kalian ke celana dalam khusus bersalin. Bentuk celana dalam ini besar dan bagian bawahnya bisa dibuka-tutup untuk memudahkan perawat memeriksa bukaan kalian.

Sediakan minimal 3 buah celana dalam jenis ini. Karena selain digunakan untuk bersalin, ketika masa pemulihan 36jam setelah melahirkan, bidan/dokter akan datang beberapa kali untuk memeriksa jahitan dan sebagainya. Dan celana dalam jenis ini sangat-sangat membantu.

Kalian bisa membeli set isi 3 dengan harga murah di link berikut ini!

https://room.rakuten.co.jp/kakikuri/1700135946915374
Underwear Setelah Bersalin

Setelah bersalin, kita akan memasuki masa nifas dimana membutuhkan pembalut. Pembalut khusus setelah persalinan ini ukurannya seperti popok orang dewasa. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan pembalut pada umumnya (meski yang ukuran besar sekalipun).

Karena ukuran pembalut ini, menggunakan celana dalam ukuran biasa tidak cukup untuk menutupi seluruh bagian pembalut sehingga dibutuhkan celana dalam yang ukurannya bisa menutupi keseluruhan pembalut.

Kalian bisa liat contoh celana dalam disini! Beli di Rakuten free ongkir dan murah lagi wk

https://room.rakuten.co.jp/kakikuri/1700135998279927

Pembalut Khusus Bersalin

Setelah melahirkan, kita akan memasuki masa nifas, dimana rahim membersihkan dirinya dengan mengeluarkan darah seperti menstruasi namun amat sangat jauh lebih banyak.

Pembalut super max sekalipun tidak mampu menampung banyaknya darah yang keluar. Oleh karena ini dibutuhkan pembalut khusus yang tentu saja direkomendasikan oleh dokter dan perawat.

Kalian bisa mendapatkan pembalut ini di toko Ibu-Anak atau yang lebih gampang di Rakuten. Satu packnya berisi 5 buah dan link dibawah ini adalah harga untuk 2 pack cukup untuk 5 hari dan sudah termasuk ongkir wk!

Biasanya pendarahan hebatnya berlangsung maksimal 2-5 hari. Selanjutnya kalian bisa gunakan pembalut max yang umum digunakan untuk menstruasi!

https://room.rakuten.co.jp/kakikuri/1700135999831701

Nipple Cream

Nipple cream termasuk benda wajib banget disediain sebelum melahirkan dan menyusui untuk pertama kalinya. Percayalah bund, andaikan waktu itu aku tau, pasti nipple cream inilah yang paling pertama aku beli dibanding yang lain. Nipple cream ini adalah barang yang aku tidak tahu keberadaannya dan tidak terbeli sampai akhirnya puting aku lecet dan jadi susah menyusui 🙁

Karena ternyata menyusui itu amat sangat sakit! Puting kita yang tidak terbiasa bisa lecet dan perih!

Gunakan nipple cream ini sebelum dan sesudah menyusui untuk menghindari terjadinya lecet di daerah puting. Nipple cream ini aman yaa dimakan oleh bayi jadi kalian tidak perlu membershikan putingh sebelum menyusui bayi!

Nipple cream yang paling aku rekomen itu nipple cream dari Medela! Juara banget mengatasi kering, perih, lecet dan sebagainya. Karena kalian bakalan sering mengoleskan yang satu ini, ukuran kecil 7gr pun langsung habis dalam sekejab. Daripada mondar-mandir beli lagi saat butuh, langsung beli ukuran besar 37gr pun okeh banget! Malah sangat aku rekomen!

https://room.rakuten.co.jp/kakikuri/1700136001760262

Dan Lainnya

Perlengkapan lainnya yang dibutuhkan calon ibu adalah baju ganti, baju tidur, bra menyusui, pembalut menstruasi ukuran max, perlengkapan mandi, air minum (RS Jepang air minum harus beli sendiri wk), dan perlengkapan umum menginap lainnya.

Perlengkapan Bersalin Untuk Bayi

Untuk Bayi, pelengkapannya tidak sebanyak untuk calon Ibu tapi tentu saja karena RS Jepang tidak punya toko perlengkapan didalamnya, segala sesuatu harus dipersiapkan dari awal.

Berikut list untuk bayi.

  • Baju bayi untuk 5 hari
  • Baju dalam bayi untuk 5 hari
  • Popok bayi untuk 5 hari (sehari butuh 10 buah, 5 hari = 50 popok)
  • Tissue basah
  • Tissue kering
  • Swaddle/kain bedong
Sponsored Link

Kesimpulan

Perlengkapan untuk calon Ibu

  • Boshitecho dan kupon pemeriksaan
  • Underwear khusus 2 jenis (underwear ketika bersalin dan sesudah bersalin)
  • Pembalut khusus bersalin
  • Nipple cream

Perlengkapan untuk bayi

  • Baju bayi untuk 5 hari
  • Baju dalam bayi untuk 5 hari
  • Popok bayi untuk 5 hari (sehari butuh 10 buah, 5 hari = 50 popok)
  • Tissue basah
  • Tissue kering
  • Swaddle/kain bedong
Sponsored Link
Sponsored Link
Hamil di JepangLife
Mau bikin blog/website pribadi/online shop milik kamu? Klik!
Gunakan kupon “shanaryohei” untuk diskon tambahan 5%!
Hosting Unlimited Indonesia
Profile
Author
Shana & Ryohei

Hallooo! Terima kasih sudah mampir ke webisite kita :] Jangan lupa support kita dengan follow Instagram dan subscribe YouTube Channel kita yaa :]

Follow Shana & Ryohei
KAKIKURI

Comment

Copied title and URL