Biaya Makan dalam Sehari Menurut Orang Jepang (No Pork, etc)

Life

Seperti yang kalian ketahui, di Jepang terdapat banyak sekali jenis masakan mulai dari masakan khas Jepang, masakan western, masakan China sampai ke berbagai jenis fast food. Kali ini gue (Ryohei) mau ngebahas tentang perbandingan harga makan sehari kalau kalian masak sendiri dengan makan di restoran (tanpa babi dan lainnya). Harga yang tertera juga harga makan sehari.

※Harga bisa berbeda tergantung orang, restoran maupun supermarket.
※Kurs 1 yen = Rp.136(2018.11)

Sponsored Link

Bagaimana sih budaya makan di Jepang?

Budaya makan di Jepang tidak terlalu berbeda dengan negara lain, yaitu terbagi menjadi makan pagi, makan siang dan makan malam. Dan kebanyakan dari mereka pada masa bujang lebih memilih makan di luar dan lebih memilih masak sendiri ketika berkeluarga karena akan lebih hemat.

Untuk yang masak sendiri, biasa akan membeli persediaan makanan si supermarket terdekat (biasa buka jam 9:00~22:00) atau Konbini macem Family Mart, Lawson dkk yang buka 24 jam. Untuk yang lebih senang makan diluar juga biasanya di sepanjang jalan di kota akan ada restoran kecil yang menjual set makanan seperti Lunch Set atau Dinner Set. Beda restoran Jepang dengan negara lain adalah kalian bisa dapat air minum GRATIS dan juga acar GRATIS. Untuk harga, boleh langsung disimak di bawah!

Sponsored Link

Sarapan (Makan Pagi/Breakfast)

Untuk sarapan, orang jepang biasanya memilih untuk menyiapkan sendiri dibandingkan sarapan di toko atau cafe karena lebih irit dari segi waktu dan uang. Tapi tentu saja untuk yang ingin lebih santai pada hari libur banyak juga yang memilih untuk sarapan di toko atau cafe. Harga mempersiapkan sendiri dan di toko tentu saja berbeda lho guys!

Mempersiapkan sendiri juga tidak terlalu sulit karena kalian bisa beli roti atau kue di supermarket malam sebelumnya. Iya, mereka biasa membeli di malam sebelumnya karena makanan Jepang terbilang waktu kadarluarsanya pendek dibandingkan dengan negara lain. BUT! Sebenernya kalau kalian rasa makanan itu rasanya masih enak ya no problem sih.

Organize Sarapan Sendiri

Kalau mempersiapkan sarapan sendiri, yang paling mudah adalah ROTI. Ada berbagai macam jenis roti yang dijual di pasaran. Tapi terkadang ada juga yang lebih senang makan nasi, kalian bisa belanja hari sebelumnya dan dibikin pada malam harinya. Kalau di Jepang nih lebih banyak yang lebih suka makan nasi full set untuk sarapannya, beda dari kita yang roti aja cukuplah gitu.

Roti


Untuk kalian yang lebih suka roti, di supermarket atau konbini (FamilyMart and friends) tersedia banyak sekali jenis dan rasa dengan berbagai harga. Biasanya kalau makan roti minumnya bisa teh, kopi atau susu.

Roti untuk sekali makan : 150〜300 yen
Susu 1 liter:200 yen (bisa untuk 5 hari)
Teh 2 liter : 200 yen
Kopi 120g : 700 yen (bisa untuk 20-25 kali minum)

Nasi


Kalau kalian tipe yang suka makan nasi untuk sarapan kalian bisa beli bahan makanan sehari atau dua hari sebelumnya. Pastikan untuk membeli dengan cermat biar hemat yaa (cek link dibawah).

Beras 5 kg:2000 yen (bisa untuk sebulan)
Telur 1 pack isi 10 buah :200 yen
Miso Sup:300 yen (isi 10 saschet)
Ikan Salmon:100〜200 yen

Untuk sarapan pagi, bagi kalian yang memilih makan roti atau nasi kalu dihitung perhari harga makannya hampir sama yaitu 200~300 yen.

Buat kalian yang ingin tahu tips belanja hemat di supermarket Jepang bisa coba lihat tips di link berikut! Ada informasi tentang diskon juga lhoo.

Cara Belanja Hemat di Supermarket Jepang
Buat kalian yang ingin belanja hemat di supermarket Jepang, berikut aku kasih tips cara belanja hemat.

Sarapan di Toko/Cafe

Di Jepang terdapat banyak sekali cafe yang buka dari pagi hari. Malah ada juga restoran yang buka 24 jam, mulai dari cafe, toko gyudon (nasi daging dengan shoyu) dan fast food. Yang akan dibahas kali ini adalah cafe dan restoran gyudon.

Cafe yang Biasa Ada di Jepang

Cafe ini biasa dikunjungi mereka yang lebih suka makan roti untuk sarapan. Menu cafe ini biasanya terdiri dari roti, salada dan kopi. Menu sarapan bisa kalian nikmati dari pukul 7~11 pagi. Berikut cafe yang biasa didatangi orang Jepang untuk sarapan.

Komeda Coffee

Blend Coffee:420 yen
Roti dan Telur Rebus:GRATIS(dengan membeli 1 minuman)
Salada:200 yen

Ogawa Coffee

Morning  Toast:630 yen

Hampir semua cafe yang menjual set sarapan simple bisa kalian nikmati dengan harga 500~600 yen. Kalau kalian mau yang sdikit mewah dengan pancake, harganya bisa sekitar 700 yen ke atas. Untuk sarapan roti di cafe memang sedikit mahal ya.

Restoran Gyudon

Untuk kalian yang lebih suka makan nasi untuk sarapan, di Jepang terdapat banyak sekali restoran gyudon yang bisa kalian nikmati 24 jam. Ada beberapa restoran yang juga menyediakan menu selain gyudon untuk sarapan yang bisa kalian nikmati dari jam 4~11 pagi. Berikut restoran gyudon yang biasa orang Jepang datangi. Mungkin salah satunya kalian pernah dengar.

Yoshinoya

Set Sarapan dengan Ikan:450 yen
Set Gyudon dan Ikan:590 yen

Suki-ya

Set Sarapan Telur dan Nasi:250 yen
Set Sarapan Teluur dan Nasi + Ikan:390 yen

Restoran gyudon sejenis chain store (tokonya memiliki banyak cabang) ini biasanya hanya menghabiskan tidak lebih dari 600 yen untuk menu sarapan. Untuk restoran yang lebih untuk bersantai sembari sarapan canti bisa menghabiskan sekitar 1000 yen.

Dari informasi diatas, untuk makan di cafe bisa menghabiskan sekitar 500~700 yen dan untuk restoran gyudon jenis chain store bisa menghabiskan sekitar 250~1000 yen. Dan tentu saja harga akan berbeda setipa tokonya.

Sponsored Link

Makan Siang

Pada umumnya anak sekolah atau karyawan di Jepang biasa menyantap makan siang mereka di kantin. Untuk sekolah atau kantor yang tidak memiliki kantin biasanya akan membawa bekal buatan orang tua atau membeli makanan di toko sekitar kantor. Untuk lebih praktis lagi bisa membeli bekal siap saji di konbini. Pada hari libur, biasanya karyawan di Jepang juga lebih suka membuat makanan simple di rumah.

Bento untuk Makan Siang vs Makan di Restoran

Pada hari kerja, kalian bisa membuat sarapan pada malam sebelumnya atau pada pagi hari sebelum berangkat kerja. Di Jepang, sekolah akan menyediakan makan siang untuk pelajar di sekolah dasar tapi untuk mereka yang sekolah menengah biasanya membawa bekal (bento) buatan orang tuanya.

Jadi inilah kisaran harga apabila kalian membuat bekal (bento) sendiri atau membeli di konbini.

Bento Buatan Sendiri


Bento di Jepang pada umumnya berisi nasi putih, tamagoyaki, tomat kecil, daging atau ikan dan terakhir adalah sayur. Kalau kalian belanja di supermarket harganya sebagai berikut ini.
Beras 2kg:2000 yen (bisa buat sebulan)
Umeboshi:
Telur 1 pack isi 10 buah:200 yen
Tomat kecil 100gr:150 yen~
Daging Sapi 70g:500 yen~
Daging Ayam 250gr:300 yen~
Ikan Salmon 2 buah:300 yen~
Sayur Bayam:200 yen (untuk 2 kali makan)

Untuk 1 kali masak kalian bisa makan paling tidak 2 kali. Jadi untuk bento buatan sendiri ini kira-kira menghabiskan sekitar 200~400 yen.

Masakan yang Mudah di Buat

Kalau di Jepang, masakan yang paling gampang dibikin adalah Udon dan Oyako-don. Kalo udon kalian tinggal rebus mienya aja pake kuah udon (dashi) yang biasa sudah tersedia di supermarket. Untuk Oyako-don memang sedikit makan waktu tapi ini juga mudah dibuat dan enak.

Udon

Udon 1 bungkus:30~40 yen
Tempura Udang:200 yen

Dengan kuah udon (dashi) total menjadi 250 yen/orang.

Oyako-don


Beras 200g:60~70 yen
Daging Ayam 200g:300 yen
Telur 1 pack isi 10 butir:200 yen
Bawang Bombay 1 buah:200 yen

Kalau dihitung satuan bisa habis 200~250 yen sekali makan. Telur, beras dan bawang bombay bisa dipakai lagi untuk masakan berikutnya.

Kiasaran yang habis jika kalian membawa bento sendiri itu 200~400 yen kalau kalian porsi makannya lebih banyak mungkin bisa habis sekitar 500~600 yen.

Makan Siang di Restoran

Di Jepang, makan di restoran pada week day biasanya selalu penuh sama karyawan kantor. Kalau di kota besar biasanya makan siang bisa menghabiskan kurang lebih 1000 yen untuk sekali makan. Tentu saja kalian juga bisa beli bento di konbini yang tentunya haganya lebih murah.

Bento di Konbini (Family Mart, Sevel, Lawson etc)

Biasa konbini di Jepang ini selalu menjual bento dengan harga yang murah. Kalian juga bisa minta bentonya dipanasin di konbini. Jenis bento yang tersedia di konbini ini juga lumayan banyak lho guys, mulai dari udon sampe set pasta.

Seven Eleven(Konbini)

credit:Website Seven Eleven

Nasi Ayam Goreng:330 yen

credit:Website Seven Eleven

Karaage Bento:430 yen

Selain itu juga tersedia onigiri (nasi kepal Jepang) dan hot snack 100~200 yen, Sandwich dan roti sayur 200~300 yen, Set Pasta dan Donburi (nasi hangat di mangkok) 300~500 yen.

Hokka Hokka Tei(Toko Bento)

credit:Website Hokka Hokka Tei

Nori Bento:360 yen

credit:Website Hokka Hokka Tei

Chicken Nanba Bento:520 yen

Untu membeli bento makan siang di luar harganya bisa sekisar 300`600 yen.

Teishoku-ya (Restoran Makanan Paketan)


Restoran siap saji atau restoran makanan paketan ini biasanya penuh dengan turis dan karyawan pada week day dan penuh dengan keluarga pada weekend. Berbeda dengan Indonesia, Jepang tidak memiliki istilah malam minggu untuk pacar dan malam senin untuk keluarga. Oleh karena itu sedikit sulit untuk menebak jadwal penuh dan kosongnya restoran seperti chain store ini.

Kali ini gue akan memperkenalkan dua restoran makanan paketan yang biasa dikunjungi oleh orang Jepang, yaitu Nakau dan Yayoi-ken. Kalau di Nakau kami bisa makan besar dengan harga murah sedangkan Yayoi-ken harga start 600 yen dan kamu juga bisa nambah nasi sepuasnya.

Nakau

Gyuudon Klasik(M):380 yen
Zaru-soba(M):450 yen

Yayoi-ken

Ikan Saba Set:630 yen
Daging Sapi Set:720 yen

Untuk makan siang di restoran bisa menghabiskan sekitar 400~900 yen untuk sekali makan.
また、Restoran yang aku perkenalkan ini memang untuk makan sehari-hari jadi terbilang murah, untuk kalian para traveler yang mungkin makan di resto diluar yang aku jelasin untuk makan siang kira-kira bisa menghabiskan 1000~2000 yen/orang.

Sponsored Link

Snack

Banyak dari orang Jepang yang suka sekali dengan makanan manis sama seperti halnya orang Indonesia. Karenyanya banyak sekali jenis snack manis yang di jual di toko-toko Jepang. Makanan ringan dari segala jenis mulai dari yang manis hingga asin dan asem bisa kalian dapatkan di supermarket atau konbini terdekat.

Snack

Untuk jenis snack di jepang terbagi menjadi 2 yaitu Senbei (kerupuk beras) dengan rasa manis dan asin, permen dan cokelat.

Yuki no Yado


Sank yang satu ini berbentuk seperti kerupuk yang terbuat dari beras. rasanya seperti campuran asin dan manis susu.
Isi 24 buah:150 yen

Fettucine gummy

Kalau yang ini adalah permen jelly dengan rasa manis dan asem. Awalnya akan terasa asem yang kemudian kana terasa manis nantinya. Aku juga suka banget sama permen yang satu ini! Untuk lebih jelasnya kalian juga bisa cek link di bawah!
1bungkus:100 yen

Fettuccine gummy (Bourbon)
This time, I'm going to tell about "Fettuccine gummy". It is Japanese snacks. You can buy it online

ChocoFlakes

Dengan bentuk seperti sereal cokelat sebesar biji beras ini juga termasuk snack favorit di Jepang. Aku (Ryo) juga suka banget sama snack yang satu ini. Perusahaan yang membuat snack ini tadinya ada 2 perusahaan namun sayangnya sekarang tinggal 1 saja 🙁 Aku (Ryo) shock banget ketika tahu kabar ini. Untuk informasi lebih tentang snack ini boleh dicek link di bawah!
1 bungkus:100 yen

Choco Flakes (Nissin Cisco)
Snack cokelat dari Jepang yang cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Jepang untuk para traveler.

Untuk snack makanan ringan seperti ini biasanya bisa kalian beli dengan kisaran harga 100~200 yen.

Sweets

Selain snack, kalian juga bisa membeli cake di supermarket ataupun konbini terdekat dengan kisaran harga 100~200 yen. Taoi hati-hati karena cake yang di beli di restoran atau cafr harganya bisa jauh lebih mahal.

Di Jepang ini ada juga sebuah toko cake dengan sistem all you can eat dengan harga 2500 yen untuk durasi makan selama 2 jam. Yukk disimak informasi berikut ini.

Cake Shop

Seperti umumnya cake shop, kalian bisa eat-in atau take out yang sedikit berbeda dari Jeoang adalah harga makan di toko dan harga take-out itu beda. Akan jauh lebih murah jika kalian take-out cake-nya dibanding makan di toko kuenya. Kalau makan di toko (eat-in) biasanya harganya lebih mahal 100~150 yen dibanding kalau kalian take-out.
Short Cake:250 yen
Montblanc:350 yen

Kalau kalian makan di tokonya biasa harganya menjadi 300~700 yen.

Cafe

Di Jepang juga terdapat berbagai macam cafe dengan berbagai macam tema sehingga untuk sekedar ganti suasana tuh cocok banget. Biasanya cafe ini dijadikan tempat kerja atau belajar sama orang sekitar atau hanya untuk sekedar bersantai. Kalian bisa cek cafe yang ada di Kyoto dari link di bawah↓↓↓

Wakka Cafe : Cafe Favorit di Kyoto~
Cafe di Kyoto ada banyak jumlahnya. Salah satunya adalah Wakka Cafe. Cafe authentic di Kyoto yang tidak banyak orang tahu.
Cham Cafe Kyoto
Salah satu cafe di daerah Shijo Kawaramachi dengan harga yang terjangkau.

Untuk sekedar makan kue atau bersantai di cafe biasa akan menghabiskan kira-kira 400~700 yen. Untuk cafe yang terkenal dengan model cake yang bisa kalian masukkan ke Instagram biasanya bis seharga 1000~1500 yen.

Sponsored Link

Makan Malam

Bagi masyarakan Jepang, makan malam merupakan hal yang paling dinantikan. Apalagi kalau makan malam pada hari Jumat. Jadi orang Jepang biasanya keluar makan malam bersama teman atau keluarga karena hari Sabtunya libur. Oleh karena itu biasanya restoran selalu penuh dan harus di reservasi dulu untuk makan malam di hari Jumat. Bagi yang hari Sabtu kerja, biasanya akan memilih untuk makan malam sembari bersantai di rumah.

Untuk makan malam ini juga aku akan menjabarkan mengenai uang yang diperlukan apabila masak sendiri atau makan di luar.

Membuat Makan Malam Sendiri

Biasanya yang hobi masak atau lebih suka masak makanan yang dibuat sendiri biasanya tidak akan repot untuk menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Berikut masakan yang terbilang mudah untuk di buat.

Takoyaki

Takoyaki ini bisa dengan mudah kalian buat di rumah dan tentu saja tidak hanya untuk sendiri bisa juga dinikmati bersama teman dan keluarga.
Di Jepang juga biasa suka mengadakan takoyaki party karena lebih hemat dibandingkan makan di luar.
Bahan yang dibutuhkan dan harga bahan bisa kalian lihat sebagai berikut ini. bahan ini bisa kalian gunakan untuk membuat 50 biji takoyaki yang bisa dimakan 3~4 orang.
Tepung takoyaki 500g:300 yen
Telur 1 pak isi 10 buah:200 yen (yang dipakai hanya 3 telur)
Daun bawang 1 pack:150 yen
Gurita 1 pack:400 yen
Jahe merah 36g:108 yen
gorengan 50g:129 yen
Saos Takoyaki 1 botol:250 yen
Katsuo 1 bungkus:278 yen

Berdasarkan harga diatas, total pengeluaran adalah untuk perorangan menjadi sekitar 600~800 yen.

Untuk cerita mengenai Takoyaki bisa kalian lihat juga dilink di bawah~

Si Anak Kansai
Gak beberapa lama ini gue kenalan sama seorang teman yang kalau ditanya asalnya dimana pasti akan se

Sukiyaki

Daging Sapi 300g:570~750 yen
Saus Sukiyaki:500 yen
Tahu:250 yen
Jamur Shirataki:260 yen
Bawang Bombay:48 yen
Daun Bawang:200 yen

Dengan 1000 yen kalian sudah bisa membuat Sukiyaki dalam porsi besar. Semakin banyak bahan makanan yang kalian gunakan akan semakin banyak uang yang harus kalian keluarkan. Berbeda dengan Indonesia, harga daging di Jepang terbilang sangat mahal.

Untuk makan malam ini tidak hanya untuk sendiri tapi bisa kalian nikmati bersama teman atau keluarga dengan membuat masakan mudah di rumah. Uang yang dibutuhkan juga sekita 300~1000 yen.

Makan Malam di Restoran

Restoran favorit yang dikunjungi orang Jepang untuk makan malam adalah restoran sushi, restoran yakiniku, rumah makan tempura, restoran yakitori, rumah makan nabe dan tentu saja restoran makanan paket.

Restoran Yakiniku

Restoran yakiniku ini biasanya tipe restoran all you can eat dengan durasi sekitar 2 jam. Tentu saja harga all you can eat ini lebih murah dibandingkan membeli satuan.
Harga All You Can Eat :2000~4000 yen
Harga Yakiniki satuan:4000~6000 yen

Untuk yakiniku ini kalian harus hati-hati karena terkadang ada menu daging babinya juga.

Restoran Sushi

Kalau untuk sushi, banyak yang mengunjung restoran sushi murah yang harganya 100~500 yen/piring. Tentu saja ada juga restoran sushi yang mahal selain restoran sushi 100 yen ini. Harga makan di restoran sushi 100 yen ini biasanya tergantung jumlah piring yang kalian makan.
Restoran sushi 100 yen :1000~2000 yen (perkiraan harga untuk 1 orang).

Kalian juga bisa lebih jelas membaca lebih jelas mengenai nama dan restoran sushi dan di Jepang dengan mengklik link di bawah~

【2018】10 Restoran Kaiten Sushi Murah Di Jepang
Informasi 10 restoran sushi murah dan terfavorit di Jepang buat para traveler Indonesia. Dilengkapi dengan harga dan infromasi restoran sushi.

Restoran Makanan Paket

Tidak hanya untuk makan siang saja, restoran model ini juga populer untuk makan malam. 1 paket makanan ini harganya sudah ditentukan jadi lebih mudah untuk memilih menu. Biasa restoran ini memberikan free refill nasi.
Harga 1 paket makanan:500~1000 yen

Kesimpulannya, untuk makan malam di rumah bisa menghabiskan sekitar 600~1000 yen sedangkan untuk makan malam di restoran bisa menghabiskan sekitar 1000~5000 yen untuk 1 orang.

Sponsored Link

Snack Malam

Kalau yang sudah makan malam tapi masih merasa lapar sekitar jam 22:00 ke atas, berikut snack yang bisa kalian makan untuk mengganjal perut sampai esok hari.

Cup Ramen

Kalau di Jepang, banyak banget jenis mie instant di cup. Namun sayangnya banyak dari mereka yang menggunakan daging babi. Untuk kalian yang muslin kalian bisa mencoba cup ramen berikut yang tidak mengandung babi.

Chicken Ramen

Ini salah satu merk yang terkenal di Jepang dan tidak mengandung daging babi. Harganya juga tidak terlalu mahal dan bisa kalian beli di supermatket dan konbini terdekat.

1 buah:80 yen

Sponsored Link

Total Jumlah Uang yang Dihabiskan untuk Makan Sehari

Jadi dalam sehari normalnya kita akan makan sekitar 4~5 kali sehari (dengan snack time). Kalian bisa membuat masakan sendiri dengan membeli bahan di supermarket atau konbini terdekat atau membeli makan di retoran sekitar rumah atau kantor. Untuk kalian yang tinggal di Jepang dan hanya sekedar travelling, tentu saja pengeluarannya sedikit berbeda. Disini aku mau sedikit memberikan perbandingannya.

Untuk Lifestyle

Untuk yang tinggal di Jepang, berikut total makan sehari untuk membuat masakan sendiri atau membeli masakan di restoran.

Membuat Masakan Sendiri

Sarapan:200~300 yen
Makan Siang:200~400 yen
Makan Malam:400~600 yen
Dalam sehari bisa diperkirakan kalian akan menghabiskan sekitar 800~2000 yen.

Makan Di Luar (Restoran)

Sarapan:250~700 yen
Makan Siang:300~900 yen
Makan Malam:600~1200 yen
Untuk kalian yang lebih memilih untuk makan di luar untuk keseharian bisa diperkirakan kalian akan menghabiskan uang sebanyak 1000円~2500 yen dalam sehari.

Untuk yang Travelling

Untuk yang traveling di sekitar Jepang kemungkinan besar akan menghabiskan makan di restoram sekitar dibandingkan memasak sendiri.
Sarapan:700~1000 yen
Makan Siang:1000~2000 yen
Makan Malam:1000~5000 yen
Untuk tambahan jajanan lain seoerti snack dan desert bisa diperkirakan pengeluaran untuk makan sehari bisa mencapai 3000~8000 yen. Buat kalian yang ingin mengunjungi restoran yang sedikit mewah untuk sekali makan harganya bisa mencapai 5000 yen.

Sekian penjelasan aku mengenai biaya makan sehari di Jepang. Buat kalian yang ada pertanyaan boleh langsung comment atau kontak kita melalui e-mail yang tersedia di contact form.

Sponsored Link
Sponsored Link
Life
Mau bikin blog/website pribadi/online shop milik kamu? Klik!
Gunakan kupon “shanaryohei” untuk diskon tambahan 5%!
Hosting Unlimited Indonesia
Profile
Author
Shana & Ryohei

Hallooo! Terima kasih sudah mampir ke webisite kita :] Jangan lupa support kita dengan follow Instagram dan subscribe YouTube Channel kita yaa :]

Follow Shana & Ryohei
KAKIKURI

Comment

Copied title and URL