【Tips Tinggal Di Jepang】Biaya Kehidupan Sehari-hari di Jepang Beradasarkan Daerah (Tokyo, Aichi, Kyoto, Fukuoka)

Life

Untuk kalian yang akan tinggal di Jepang pasti dong ada perasaan bingung dan penasaran dengan berapa besar biaya hidup di Jepang. Sebenarnya sama seperti di Indonesia, biaya hidup di Jepang ini pun beragam tergantung daerah yang kalian tempati.

Sama seperti Indonesia, setiap daerah di Jepang memiliki UMR (upah minimum regional) beragam yang mepengaruhi harga makanan pokok dan biaya hidup.

Yukkk simak informasi mengenai biaya hidup di Jepang!

Sponsored Link

Minimum Biaya Hidup Yang Diperlukan Untuk Tinggal Sendiri Di Jepang

Pengaturan keuangan untuk kalian yang tinggal sendiri ini tidak termasuk sulit karena kalian hanya bertanggung jawab terhadap diri kalian sendiri. Berikut ini adalah perkiraan jenis pengeluaran secara garis besar dalam harga terendah.

Sewa
Apartement
Kalian wajib memiliki tempat tinggal di Jepang. Pilih Apartemen
yang kira-kira cukup untuk 1-2 orang apabila kalian tinggal sendiri.
Biaya MakanBiaya makan sehari-hari ini beragam. Kalian bisa lebih berhemat
jika memasak sendiri.
TagihanBiaya tagihan listrik, gas dan air ini bisa beragam
tergantung musim dan pemakaian. Biasanya tagihan akan
melunjak jika kalian menggunakan AC/pemanas.
SmartphonePilih provider yang murah dan bagus (kalian bisa cek lengkapnya
di artikel mengenai provider).
Lain-lainTisu toilet, perlengkapan bersih-bersih dan sebagainya (+/- 5,000yen)
Biaya dokter jika sakit (+/- 5,000yen)
Biaya main dengan teman/rekan kerja (10,000yen)
Rincian Pengeluaran Untuk Sendiri Dengan Gaji 200,000yen/bulan
  • Sewa Apartemen : 50,000yen
  • Uang Makan : 40,000yen
  • Uang Tagihan : +/- 10,000yen
  • Samrtphone : 5,000yen
  • Keperluan sehari-hari : 5,000yen
  • Biaya dokter : 5,000yen
  • Transportas : 12,000yen
  • Biaya Kecantikan : 5,000yen
  • Total Pengeluaran : 132,000円

Sisa uang dari biaya pengeluaran di atas bisa kalian gunakan untuk menabung atau uang bermain~

Check
Cara Menghemat Biaya Smartphone
  • Pastikan untuk memilih plan sebutuhnya, apalagi jika apartemen kalian sudah tersedia Wi-Fi, untuk kuota kalian tidak perlu ambil yang banyak agar tidak mahal. Jika kalian memilih provider dengan level biasa saja, biaya smartphone kalian bisa kurang dari 5,000yen/bulan.

Kalian bisa cek artikel di bawah ini untuk informasi lengkap mengenai provider HP di Jepang dan cara memilih plan yang tepagt untuk kalian.

Sponsored Link

Harga Sewa Apartemen

Harga sewa apartemen di Jepang beragam harganya tergantung daerah yang akan kamu tinggali. Tidak hanya harga sewa apartemen, harga makanan pokok, biaya hidup sehari-hari pun dipengaruhi oleh daerah yang kamu tinggali. Jika apartemen kamu juga dekat dengan stasiun atau supermarket pun akan mempengaruhi harga sewa.

Untuk mengukur luas apartemen, Jepang menggunakan “satuan dasar luas” khusus yang mereka miliki yaitu, 1畳 (jou). Ukuran 1畳 (jou) ini sama dengan luas 91cm×182cm, yang mana merupakan luas satu buah tatami (lantai tradisional Jepang).

Normalnya apartemen yang akan ditinggali satu orang ini membutuhkan kira-kira sekitar 12畳 (sudah termasuk kamar mandi) atau lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing individual. Harga tentu saja akan berubah berdasarkan luas dan lokasi apartemen serta kebutuhan kalian.

Berikut adalah list harga 1畳 (jou) untuk sewa apartemen di kota besar Jepang. Cara menghitungnya, kalian tinggal mengkalikan saja harga satuan dibawah dengan luas aparteman yang kira-kira kalian inginkan. Contoh : Harga sewa apartemen 12畳 (jou) untuk area Tokyo adalah 5,018yen x 12 = 60,216 yen.

RankingAreaHarga 1畳 (jou) untuk sewa apartemen (dalam yen)
1Tokyo5,018 yen
2Chiba3,302 yen
3Kyoto3,244 yen
4Osaka3,135 yen
5Aichi2,861 yen
6Hiroshima2,561 yen
7Fukuoka2,541 yen

*Data tahun 2013 Statistics Bureau of Japan(SBJ)

Jika dilihat dari list diatas, dapat disimpulkan bahwa harga sewa apartemen paling mahal diraih oleh Tokyo.

Check
Cara Menghemat Uang Sewa Apartemen
  • Pastikan untuk memilih apartemen dengan harga sewa yang sesuai dengan pendapatan kalian. Tidak masalah jika apartemen sedikit sempit asalkan kalian tidak kesusahan dalam membayar uang sewa bulanannya. Pastikan harga sewa tidak melebihi 25% dari uang pendapatan kalian agar kalian juga bisa menabung.

Kalian bisa cek arikel di bawah ini untuk tips yang berguna dan dapat membantu kalian mencari apartemen murah di Jepang!

Sponsored Link

Uang Makan

Selanjutnya adalah list perkiraan pengeluaran uang makan berdasarkan daerah di Jepang. Perkiraan pengeluaran ini tentu saja bervariasi dan tidak sama tergantung dengan individual masing-masing. Beikut adalah perkiraan pengeluaran uang makan di Jepang.

RankingAreaKotaPerkiraan Uang Makan Bulanan
1KinkiKyoto,Osaka44,435 yen
2KantoTokyo,Chiba43,056 yen
3Hokuriku,TokaiAichi38,773 yen
4Kyushu, OkinawaFukuoka35,813 yen
5Chugoku,ShikokuHiroshima34,649 yen
6Hokkaido,TohokuHokkaido34,395 yen

Harga bahan makanan di kota memang terbilang tinggi jika dibandingkan dengan di daerah. Untuk harga makanan di restoran pun tentu lebih mahal restoran yang ada di kot. Jadi kalian harus pintar-pintar berhemat nih~

Check
Cara Menghemat Uang Makan
  • Untuk kalian yang tinggal sendiri, kalian bisa menekan pengeluaran biaya makan kalian mulai dari 30,000~40,000 yen per bulannya. Kalian bisa berbelanja di supermarket online jika supermarket dekat rumah kalian termasuk mahal, kemudian kalian juga bisa belanja pada jam-jam sale.

Untuk informasi lebih mengenai cara mengatur uang makan, kalian bisa cek juga artikel dibawah ini!

Sponsored Link

Tagihan Listrik, Gas dan Air

Bagi aku pribadi, Jepang termasuk negara yang mahal dalam tagihan listrik, khususnya pada musim dingin. Aku yang lahir di negara tropis, Indonesia, musim dingin adalah musim dimana tagihan listrik menjadi 2 kali lipat. Untuk tagihan lainnya seperti air dan gas, karena tidak ada kebiasaan menggunakan Ofuro (bath tub), tagihan air tidak akan menjadi terlau mahal. Untuk gas akan bergantung dari masakan yang kalian masak sehari-hari. Kalau kalian masaknya rendang yang makan waktu 7 jam mungkin tagihan gas bisa meledak.

RankingAreaKotaPerkiraan Tagihan Bulanan
1Hokkaido,TohokuHokkaido14,771 yen
2Hokuriku,TokaiAichi12,193 yen
3Chugoku,ShikokuHiroshima11,755 yen
4KinkiKyoto,Osaka11,353 yen
5KantoTokyo,Chiba11,234 yen
6Kyushu, OkinawaFukuoka11,232 yen
Check
Cara Menghemat Tagihan
  • Matikan lampu jika tidak digunakan, tidak membiarkan air mengalir terlalu lama dan sebagainya. Untuk kalian yang tinggal sendiri kemungkinan biaya ketiga tagihan ini tidak akan terlalu tinggi, tapi ada baiknya juga dibiasakan berhemat.
Sponsored Link

Uang Transportasi

Untuk uang transportasi ini bervariasi sesuai dengan jauhnya jarak yang kamu tempuh untuk ke sekolah atau kantor. Biasanya uang trasportasi untuk mereka yang tinggal di kota jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tinggal di daerah dikarenakan daerah lebih banyak menggunakan mobil.

List harga dibawah ini adalah harga minimum rata-rata jika kamu menggunakan salah satu transportasi tanpa kartu bulanan (commuter pass).

RankingAreaKotaPerkiraan Uang Transportasi Bulanan
1KantoTokyo,Chiba7,053 yen
2KinkiKyoto,Osaka4,063 yen
3Hokuriku,TokaiAichi3,721 yen
4Hokkaido,TohokuHokkaido3,023 yen
5Kyushu,OkinawaFukuoka2,825 yen
6Chugoku,ShikokuHiroshima2,240 yen
Sponsored Link

Uang Untuk Hobi/Bermain

Untuk pengeluaran yang satu ini, pasti sangat sulit untuk dikurangi khususnya untuk para wanita yang hobi belanja ataupun pria yang memiliki hobi mengkoleksi sesuatu. Selain itu, pengeluaran untuk ngedate dan bermain bersama teman pun termasuk dalam kategori ini.

Berikut adalah minimum pengeluaran bulanan untuk uang hobi dan bermain berdasarkan area.

RankingAreaKotaPerkiraan Uang Hobi/Bermain Bulanan
1Kyushu,OkinawaFukuoka16,426
2KinkiKyoto,Osaka15,922
3Chugoku,ShikokuHiroshima15,320
4Hokuriku,TokaiAichi14,709
5Hokkaido,TohokuHokkaido14,459
6KantoTokyo,Chiba13,957

Berdasarkan list pengeluaran di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan bersosialisasi lebih banyak dilakukan orang yang tinggal di daerah dibandingkan mereka yang tinggal di kota besar.

Check
Cara Menghemat Uang Bermain/Hobi
  • Untuk undangan dari kantor memang sedikit sulit untuk ditolak, namun untuk yang bersifat informal kalian bisa menolak dengan sopan. Kalian juga harus memantapkan diri kalian jika ingin berhemat dalam kategori ini karena setiap individu memiliki cara yang berbeda. Pastikan agar uang bermain/hobi ini berkisar 12,000~18,000 yen dalam sebulan untuk menghindari pengeluaran berlebihan.
Sponsored Link

Poin Untuk Menghemat Pengeluaran

Berdasarkan list pengeluaran yang sudah dijabarkan diatas, kalian bisa membayangkan berapa banyak pengeluaran yang dibutuhkan untuk tinggal di Jepang berdasarkan area. Pengeluaran di Jepang biasanya dipengaruhi oleh daerah yang ditinggali dan pribadi masing-masing dalam mengakali pengeluaran dan berhemat. Selanjutnya adalah poin yang mungkin bisa membantu kalian dalam berhemat.

Poin Untuk Menghemat Pengeluaran
  • STEP1
    Mereview ulang biaya makan setiap bulan

    Untuk biaya makan, dengan memasak sendiri kalian sudah cukup menghemat setiap bulannya dibandingkan membeli makanan jadi atau makan di restoran. Biasakan untuk memasak sendiri setiap bulan agar lebih menghemat.

  • STEP2
    Hati-hati dengan tagihan listrik, air dan gas

    Pastikan untuk selalu mematikan lampu/listrik jika sudah selesai digunakan. Periksa juga apakah air sudah tertutup dengan rapat setelah digunakan. Apabila masih terasa mahal meskipun sudah berhemat, kalian bisa mencoba mengganti perusahaan listrik, air dan gas yang lain.

  • STEP3
    Mereview ulang pengeluaran tetap

    Yang termasuk dalam pengeluaran tetap ini adalah sewa rumah, tagihan telepon dan sebagainya. Jika kau merasa provider yang kamu gunakan sedikit mahal, kamu bisa mencoba mengganti ke provider lain.

Tidak Belebihan Dalam Berhemat

Berhemat untuk bisa menabung merupakan hal yang sangat baik, namun kalian harus tetap berhati-hati agar tidak berlebihan. Kita sangat tidak merekomendasikan kalian untuk berhemat berlebihan sehingga menjadi stress karena tidak dapat menyalurkan hobi atau tidak bisa bermain. Khususnya berhemat dalam biaya makan hingga menjadi sakit itu sangat tidak boleh yaaa. Buatlah masakan sehat agar kalian tetap memiliki stamina untuk bekerja dan belajar. Justru karena kalian tinggal sendiri, kesehatan sangat penting. Tidak enakloh sakit saat sendirian berada di negara lain.

Sponsored Link
Sponsored Link
Life
Follow KAKIKURI
KAKIKURI

Comment

Copied title and URL