Cara memilih Provider HP di Jepang

Life
Sponsored Link

Perusahaan Provider Internet/Nomer Hp di Jepang

Zaman sekarang ini, HP/Smartphone merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Khususnya untuk kalian yang baru pindah atau akan pindah dan tinggal di Jepang pastinya perlu banget dong jaringan internet dan nomer HP Jepang. Berbeda dengan negara kita Indonesia, untuk bisa mendapatkan nomer HP atau jaringan internet khusus untuk kalian yang akan tinggal di Jepang, kalian harus memiliki kontrak dengan perusahaan provider di Jepang. Kali ini aku akan membahas dan mereview beberapa perusahaan provider di Jepang.

Tentu saja ada berbagai jenis perusahaan provider dengan berbagai jenis keuntungan maupun kebuntungan. Yukk langsung disimak info berikut ini! Semoga bermanfaat.

Mobile Network Operator (MNO)

Perusahaan provider di Jepang ini terbagi menjadi dua, yang pertama adalah perusahan provider/operator mandiri yang memiliki jaringan mereka tersendiri seperti docomo, au Mobile dan Softbank yang biasa disebut juga Mobile Network Operator (MNO) atau dengan kata lain merupakan provider jaringan besar Jepang. Nama dari perusahaan ini tentu saja sudah tidak asing dong yaa.

Mobile Virtual Network Operator(MVNO)

Kedua, provider yang menyewa jaringan dari provider besar dan membuat low-price SIM dan paket internet murah dan sebagainya. Jenis perusahaan provider ini disebut Mobile Virtual Network Operator (MVNO). Harga paket per bulamn dari perusahaan provider tipe ini terbilang jauh lebih murah dibandingkan provider MNO. Jenis provider MVNO ini juga terbilang popular dikalangan mahasiswa.

Tapi tentu saja baik MNO ataupun MVNO ini memiliki merit dan demeritnya. Oleh karena itu pastikan untuk memilih perusahan provider yang sesuai dengan kebutuhan kalian yaa.

Information
Mobile Network Operator (MNO)
  • docomo
  • au
  • Softbank
  • Rakuten Mobile
Mobile Virtual Network Operator(MVNO)
  • UQ mobile
  • Y! mobile
  • LINE mobile
  • mineo
  • DMM mobile
  • IIJmio
  • BIGLOBE mobile etc…
Sponsored Link

Provider/Operator Terkenal vs MVNO

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai kedua jenis provider/operator hp di Jepang. Beikut tabel list merit dan demerit dari kedua jenis provider dan operator tersebut.

Provider/Operator Terkenal Perbandingan MVNO
Mahal Biaya Bulanan Murah
Mahal Harga HP Murah
Cepat Kecepatan Lambat
24 jam Free Call Plan *Bebas Telepon Tidak Tersedia
Sangat Baik Service dan Support Batas Minimum
2 Tahun Masa Kontrak Bebas
Complicated Jenis Plan Simple
Bebagai cara Pembayaran Hanya Kartu Kredit
Tersedia *Carrier Mail Tidak Tersedia

*Bebas Telepon adalah sebuah plan dimana kalian gratis menelepon dalam negeri dengan durasi 5 menit. 
*Carrier mail adalah e-mail bawaan dari provider dengan domain @softbank.com atau @docomo.com dan sebagainya.

Perbedaan yang sangat terlihat dari kedua jenis provider/operator di Jepang adalah service dan pelayanan mereka. Untuk provider/operator terkenal mereka akan dengan sabar membantu kalian dan melayani kalian sedangkan MNVO biasanya pelayanan dalam batasan minumum.

Information
Yang tersedia dari kedua jenis provider / operator
  • Internet dan telepon bisa digunakan hampir di semua area.
  • Kualitas suara ketika menelepon.
  • Nomer telepon yang bisa digunakan.

Ketiga hal berikut ini akan tetap sama meskipun kalian memilih salah satu tadi provider/operator diatas.

Perbandingan Harga Provider/Operator Terkenal dan MVNO

Provider/operator terkenal memiliki jalur telekomunikasi tersendiri yang tentunya memerlukan biaya pemeliharaan dan sebagainya. Selain itu provider/operator terkenal ini biasanya memiliki banyak toko cabang yang tersebar di seluruh Jepang sehingga untuk meraih keuntungan, harga plan yang ditawarkan menjadi lebih tinggi dibanding provider/operator MVNO. Sebaliknya, provider MVNO ini karean tidak memiliki jalur telekomunikasi tersendiri, mereka tidak dibebankan biaya pemeliharaan dan lainnya sehingga harga plan yang ditawarkan menjadi jauh lebih murah. Harga plan yang ditawarkan MVNO ini biasanya 4,000〜5,000 yen lebih murah dari pada harga plan dari provider/operator terkenal.

Harga Hp Yang Tersedia

Berbeda dengan Indonesia, untuk kontrak provider/operator di Jepang itu kalian bisa juga sekalian membeli HP/smartphone dengan paket bulanan untuk harga yang lebih murah. Tapi tentu saja memakai HP/smartphone yang kalian miliki juga bisa (asal sim free).

Untuk kalian yang ingin membeli HP/smartphone sekaligus kontak juga harganya tentu saja berbeda untuk kedua provider/operator ini. Untuk provider/operator terkenal biasanya HP/smartphone dijual dengan harga 50.000yen ke atas. Model yang tersediapun model HP/smartphone dengan merk terkenal (Apple, Samsung, dan sebagainya) dengan jenis terbaru. Dan biasanya untuk pembelian HP/smartphone sekaligus kontrak ini akan menjadikan HP/smartphone tersebut menjadi sim-locked. Artinya, kalian hanya bisa menggunakan provider/operator tersebut untuk HP/smartphone tersebut. Hati-hati saat membuat kontrak dan pastikan untuk menanyakan mengenai hal ini yaa.

Sebaliknya, untuk provider/operator MVNO, biasanya lebih ke model HP/smartphone jenis lama (Apple, Samsung dan sebagainya) dan biasanya lebih banyak menyediakan HP/smartphone dengan merek Huawei atau OPPO. Provider/operator MVNO juga biasanya tersedia dalam bentuk simfree jadi bisa digunakan kedalam HP/smartphone unlocked apa saja dan HP/smartphone yang mereka tawarkan pun bisa menggunakan provider/operator lain.  Tapi tetap harus dipastikan terlebih dahulu dengan bertanya kepada staff yang bersangkutan.

Harga yang tinggi ini membuat provide/operator terkenal mengalami penurunan dalam penjualan sehingga mereka sering melakukan  diskon promosi. Boleh di cek dan dibandingkan dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan yaa.

Perbedaan Kecepatan Komunikasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dikarenakan provider/operator terkenal ini memiliki jaringan komunikasi tersendiri, kecepatan komunikasi menggunakan provider/operator ini terbilang sangat cepat. Sebaliknya, MVNO ini menggunakan jaringan yang disewa dari provider/operator terkenal sehingga ada saat dimana kecepatan komunikasinya sedikit lambat dibandingkan dengan provider/operator terkenal. Kebanyakan dari MVNO biasanya menggunakan jaringan sewa dari docomo sehingga kecepatan komunikasi MVNO (yang menyewa jaringan docomo) tersebut terbilang lambat. Tapi tentu saja tidak semua provider/operator MVNO memiliki keceatan lambat. Ada juga beberapa provider/operator MNVO yang memiliki kecepatan yang baik meskipun tidak secepat provider/operator terkenal.

Plan Bebas Telepon dari Provider/Operator Terkenal Jepang

Untuk provider/operator terkenal seperti docomo, softbank dan au ini biasanya mereka menawarkan plan bebas menelepon 24 jam. Plan ini tentu saja tidak ada hubungannya bagi kalian yang lebih sering menggunakan WhatsApp, Skype maupun Line dalam berkomunikasi. Plan ini sangat direkomendasikan dan menguntungkan untuk kalian yang merasa akan sering menggunakan telepon biasa. Harga plan ini juga terbilang murah yaitu mulai dari 2700yen. Sayangnya untuk provider/operator MVNO, plan ini tidak tersedia. Plan telepon yang ditawarkan dari provider/operator MVNO ini hanya gratis menelepon selama 120menit/bulan atau gratis menelepon di 5menit pertama.

Perbedaan dalam Pelayanan Kustomer

Provider/operator terkenal merupakan provider/operator yang memiliki sejarah paling lama, sehingga memiliki banyak toko cabang di seluruh Jepang. Oleh karena itu, apabila ada masalah dengan jaringan atau adanya kebutuhan mendadak, bisa langsung datang ke toko cabang tersebut.  Pelayanan yang ditawarkan juga banyak, kemudian kupon yang di dapat dari provider/operator terkenal ini biasanya bisa digunakan hampir di semua toko. Sebaliknya, provider/operator MVNO ini memang menawarkan harga plan yang jauh lebih murah namun harga murah ini sebanding dengan pelayanan yang mereka berikan, seperti toko cabang yang terbatas, pemakaian kupon dan sebagainya. Ada juga provider/operator MVNO yang bisa dikontrak hanya melalui internet karena tidak memiliki banyak toko cabang, namun tidak direkomendasikan karena pelayanannya tidak baik terlebih lagi terhadap orang asing.
Selain itu, untuk sistem tethering wifi, untuk provider/operator terkenal akan dikenakan biaya sebesar 500yen/bulan sedangkan operator/provider MVNO gratis.

Masa Kontrak

Umumnya provider/operator terkenal ini memiliki masa kontrak selama 2 tahun. Apabila kalian berhenti berlangganan sebelum masa kontrak habis, kalian akan dikenakan biaya sebesar 10,000yen untuk pembatalan kontrak. Sebaliknya, provider/operator MVNO ini biasanya memiliki masa kontrak lebih pendek yaitu 6 bulan~ 1 tahun bahkan ada juga yang tidak memiliki batasan masa kontrak. Untuk berhenti berlangganan juga tidak akan dikenakan biaya dan kalian bisa berhenti kapan saja (sebagian besar tetap ada biaya pembatalan kontrak tapi jauh lebih murah).

Jenis Plan

Jenis plan yang ditawarkan provider/operator MVNO ini jauh lebih simple dibandingkan dengan provider/operator terkenal. Hal ini tentu saja karena pelayanan/jasa yang bisa ditawarkan provider/operator MVNO terbatas dibandingkan dengan provider/operator terkenal.

Plan dari provider/operator MVNO ini biasanya hanya di jumlah data giga yang kamu butuhkan dengan plan telepon (120menit/bulan atau gratis di 5 menit pertama). Sebaliknya, untuk provider/operator terkenal, ada berbagai macam plan yang bisa kamu pilih mulai dari jumlah data giga, jenis plan telepon, kontrak plan dan smartphone, dan sebagainya. Apabila kalian memutuskan untuk menggunakan jasa provider/operator terkenal harap berhati-hati dalam memilih plan agak tidak termakan iklan yaa :3

Cara Pembayaran

Untuk pembayaran, kedua operator memiliki jenis pembayaran akumulasi per bulan dimana dipakai dahulu baru dibayar. Hati-hati agar pemakaian tidak berlebihan yaa~

 Provider/Operator TerkenalMVNO
Cara Pembayaran
  • kartu kredit
  • debit otomatis rek. bank Jepang
  • transfer bank atau convenience store
  • langsung di toko
  • internet banking
  • m-banking
  • kartu kredit
  • debit otomatis rek. bank Jepang
  • kartu debit (jarang/tidak bisa)

Pembayaran untuk provider/operator terkenal dapat dengan mudah dilakukan sedangkan untuk provider/operator MVNO hanya bisa dengan kartu kredit atau debit otomatis dengan rekening bank Jepang. Yang menerima kartu debit hampir sangat jarang untuk kedua jenis provider/operator.

Carrier Mail

Apabila kalian menggunakan jasa provider/operator terkenal kalian bisa mendapatkan carrier mail yaitu e-mail address dengan domain provider/operator terkenal tersebut seperti, @docomo.ne.jp(docomo)atau @ezweb.ne.jp(au)dan sebagainya yang bisa kalian gunakan GRATIS.

Sebaliknya MVNO hampir semuanya tidak memiliki carrier mail. Kalaupun ad ayang menyediakan biasanya akan dikenakan biaya tambahan kurang lebih 500yen/bulan.

Di Jepang masih ada beberapa tempat yang tidak menerima free e-mail domain seperti @gmail atau @yahoo.com sehingga mengharusnya seseorang memiliki carrier mail. Tapi tentu saja salah satu keuntungan menjadi orang asing adalah bisa menggunakan free e-mail.

Sponsored Link

Persentase Penggunaan Provider/Operator

Sampai sini sudah dijelaskan beberapa keuntungan dan kebuntungan diantara kedua jenis provider/operator. Selanjutnya adalah persentase penggunaan kedua jenis provider/operator di Jepang.
Silahkan lihat data berikut ini.

docomo、au、SoftBank adalah provider/operator terkenal di Jepang (bukan MVNO).
Dengan data diatas dapat dilihat bahwa penggunaan provider/operator terkenal di Jepang sangat besar yaitu 90% jika dibandingkan dengan provider/operator MVNO yang hanya 10%. Tentu saja berbeda orang berbeda pendapat, untuk orang asing seperti saya jujur saja provider/operator terkenal biayanya sangat terasa di kantong sehingga saya lebih memilih menggunakan MVNO.

Biaya mahal ini juga ternyata dirasakan oleh orang Jepang langsung. Oleh karena itu pemerintahan Jepang membuat sebuah peraturan untuk menurunkan harga tersebut. Kemungkinan sekitar musim panas tahun 2019 ini akan ada beberapa perubahan harga dari kedua jenis provider/operator tersebut.

Sponsored Link
Sponsored Link
Life
Follow KAKIKURI
KAKIKURI

Comment

  1. […] Cara memilih Provider HP di Jepangcara memilih kontrak hp dan provider/operator di Jepang dengan cer… Sponsored Link […]

Copied title and URL